Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2016

Meningkatkan Resolusi Layar di Virtualbox

Hari ini mimin mau curhat cerita nih agan sista. Cerita nya, hari ini saya install Virtualbox karena akan mencoba sebuah aplikasi yang urgent mau di pakai, tapi source code nya hanya compatible di Linux lama. Wah masa iya saya harus backup data berjibun cuma buat ganti OS hanya untuk satu aplikasi, akhir nya solusi Virtualbox lah yang saya ambil.

Download dan install virtualbox sudah, download .iso OS nya juga sudah, skip skip cerita nya si OS juga sudah di install di virtualbox, nah sekarang saya menemukan kendala, yaitu resolusi layar ubuntu yang saya pasang di virtualbox amat sangat kecil (Pada studi kasus ini, saya menggunakan Ubuntu 12.04), cuma 640x480, wtf!! Jadi merepotkan, karena banyak window yang kebesaran di layar sehingga memunculkan rasa kurang nyaman.

Cari sana sini, akhir nya saya telah menemukan solusi nya yang siap di hidangkan buat agan sista. Pertama, buka terminal dan ketikkan perintah berikut :
apt-get update
apt-get install dkms build-essential linux-headers-ge…

Membuat File .ISO Di Linux

Pernah dengan format yang satu ini agan sista? Jadi .iso itu adalah sebuah ekstensi untuk file dari virtual optic disk. Karena sifat nya yang seperti cakram optik, file berekstensi .iso tentu memiliki kelebihan seperti tidak bisa di edit, tambah, hapus, atau bahasa ringkas nya kita re-write sehingga lebih aman dari virus (walaupun itu tidak menjamin).

Nah, untuk membuat file .iso di Linux ternyata sangat mudah di lakukan dengan Terminal. Dan hebat nya, membuat file berekstensi .iso lebih mudah di lakukan di Linux di bandingkan dengan kita membuat nya di Windows.

Jika di Windows selama ini kita mengenal aplikasi Daemon Tool, UltraISO, dkk, di Linux kita bisa menggunakan Genisoimage. Sebelum kita menggunakannya, ada baik nya saya jelaskan dulu cara memasangnya. Pada beberapa distro mainstream seperti Ubuntu, Debian, Mint, dkk, Genisoimage sudah terinstal secara bawaan (pre - installed), namun jika pada distro Anda belum terpasang, buka Terminal lalu ketik perintah :
sudo apt-get instal…

Cara Import File CSV ke Tabel PostgreSQL

Jika sebelum nya kita sudah belajar Cara Ekspor Tabel PostgreSQL Ke Excel di Postingan sebelumnya, sekarang pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah bagaimana cara import file .csv yang sudah kita edit tadi kedalam tabel database PostgreSQL?

Cara nya ternyata cukup mudah sekali, bahkan hampir sama dengan cara meng - ekspor nya, hanya saja ada sedikit perbedaan di bagian perintahnya saja.

Cara pertama yaitu, pilih database yang tabel nya akan di isi data dari file .csv, setelah itu pilih menu SQL
Setelah muncul tampilan selanjutnya, ketikan perintah berikut pada text area :
COPY muatan FROM '[tempat diamana]/[anda menyimpan file]/[nama_file].csv' DELIMITER ',' CSV; Contoh nya seperti ini :
COPY muatan FROM '/home/the-trooper/Destop/muatan.csv' DELIMITER ',' CSV; Apabila muncul pesan error seperti ini (Khusus pengguna Linux) :
ERROR:  could not open file "/home/the-trooper/Destop/muatan.csv" for reading: Ijin ditolak
********** Error *******…

Cara Ekspor Tabel PostgreSQL Ke Excel

Halo agan sista, seringkali dalam bermain di dalam manajemen data, kita menemukan sebuah kasus dimana data tersebut perlu di pindah dari sebuah database ke dalam file spreadsheet agar lebih mudah di olah oleh orang lain yang bisa jadi masih awam dalam menggunakan database berbasis SQL (Pada thread ini, saya menggambil contoh dengan PostgreSQL).

Nah, mungkin mudah sekali untuk menduplikat data jika itu hanya sedikit kolom dan baris yang akan di ambil data nya untuk di masukkan kedalam file spreadsheet, namun apa jadi nya bila data tersebut terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan kolom dan baris? Apakah ada orang yang mau mengerjakan pekerjaan rumit dan menyita waktu lama seperti itu? Nah untuk memudahkan pekerjaan itu, kita bisa menggunakan fungsi ekspor tabel dari database postgreSQL. Langkah langkah nya yaitu :
Pertama, pilih database yang tabel nya akan kita ekspor, lalu pilih menu SQL di sebelah atas. Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti berikut
Ketik perintah SELECT untu…

Yuk Join Komunitas Google Terjemahan

Halo agan sista, dengan semakin pesat nya kemajuan teknologi, maka saat itu juga kehidupan kita akan semakin banyak berubah, termasuk dalam hal berkomunikasi antar bahasa.

Salah satu contoh kemajuan teknologi dalam hal berkomunikasi antar bahasa tadi yaitu banyak munculnya aplikasi penerjemah kata / kalimat. Nah, salah satu aplikasi yang paling banyak di gunakan di dunia saat ini adalah Google Terjemahan.

Namun, yang nama nya program pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan Google Terjemahan. Seringkali dalam menerjemahkan sebuah kalimat, hasil yang muncul tidak memuaskan. Kadang grammar nya yang kurang tepat, atau hasil terjemahannya yang belepotan.

Mengetahui celah kelemahan itu, akhir nya Google meluncurkan Komunitas Google Terjemahan. Apa sih Komunitas Google Terjemah itu? Komunitas Google Terjemahan adalah sebuah wadah bagi pegiat bahasa dan relawan yang tertarik untuk memperbaiki kualitas penerjemahan dalam bahasa mereka atau membantu Google untuk menerjemahkan kata dalam …

Halaman Web HTML Pertama di Dunia

Halo agan sista, sudah pasti kalian pernah menikmati video video keren di situs YouTube bukan? Atau bertemu dengan pacar atau bahkan sudah menjadi suami / istri dari perkenalan kalian di jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook?

Semua ini berkat kecanggihan dari sebuah penggabungan dua teknologi hebat yang bernama internet dan website. Ngomong ngomong masalah website nih, tahukah kalian seperti apa bentuk dan tampilan dari website HTML pertama di dunia?

Adalah agan Tim Berners-Lee yang pada tanggal 6 Agustus 1991, beliau merilis halaman web pertama didunia saat masih bekerja di CERN yang beralamatkan di http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Beginilah tampilan web pertama di dunia tersebut.
Sekilas, nampak biasa biasa saja tampilannya. Belum ada penggunaan gambar, warna, dan css pada website ini. Kalau kata anak SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sih ini kaya project web pertama mereka saat belajar pemrograman web dasar, hehe.

Buat yang pada penasaran, seperti inil…