Langsung ke konten utama

Membuat Flowchart Dari Kode Pemrograman

Pernah tahu flowchart kan? Itu loh, sebuah diagram alur kerja. Dengan cara seperti ini, kita dapat membuat sebuah alur kerja / program menjadi lebih terstruktur.

Biasa nya, untuk membuat flowchart biasa nya kita menggunakan Microsoft Office Visio atau Dia Diagram. Dengan ke dua program tersebut, kita bisa membuat flowchart dalam bentuk digital dengan cara drag and drop.

Lalu bagaimana jika kita di beri tugas membuat program dan flowchart sedangkan kita sudah membuat program nya, namun lupa belum membuat flowchart nya? Padahal secara alur, seharusnya kita membuat alur kerja dahulu sebelum membuat sebuah program.

Cara yang paling mudah yaitu dengan code2flow.com. Dengan code2flow, Kita bisa membuat flowchart dengan cepat dan efisien, tinggal copy dan paste dari code yang telah kita buat, otomatis flowchart akan langsung ter-generate secara otomatis.
Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah meng-copy paste script pada kotak "code editor".
Tadaa, langsung muncul alur kerja nya. Sangat mudah sekali bukan?

Lalu, fitur apa saja yang terdapat pada code2flow?
Cuma bisa bikin flowchart saja tanpa bisa di kostumisasi tampilannya? Tentu saja tidak, code2flow memiliki fitur yang lumayan lengkap untuk mengkostumisasi tampilan dari flowchart yang telah kita buat. Fitur tersebut antara lain :

Berikut ini 9 fitur pada tab Appearance:

  1. Theme, pada fitur ini terdapat 3 tema untuk mengubah style flowchart, antara lain:
    •         Plain black & white, mengubah style flowchart menjadi hitam dan putih.
    •         Colored with gradients, memberi warna pada flowchart dengan tambahan gradients.
    •         Cool & fancy, memberi warna warna flowchart menjadi lebih keren.
  2. Node Distance, memberikan jarak ke kanan - kiri antara simbol - simbol flowchart.
  3. Rank Distance, memberikan jarak ke atas - bawah antara simbol - simbol flowchart.
  4. Layout direction, berfungsi untuk mengatur posisi awal alur flowchart, antara lain:
    •         Top to bottom, alur flowchart dari atas ke bawah.
    •         Bottom to top, alur flowchart dari bawah ke atas.
    •         Left to right, alur flowchart dari kiri ke kanan.
    •         Right to left, alur flowchart dari kanan ke kiri.
  5. Optimize common.
  6. Decorate edge labels, memberikan hiasan berupa garis bawah untuk true label dan false label.
  7. Compact, mengubah bentuk flowchart menjadi ringkas.
  8. True Label, default dari fungsi ini yaitu "True". Pada fungsi ini dapat mengubah kata "True" menjadi kata "Ya", "Jika Ya.." atau sebagai-nya sesuai keinginan mau diubah seperti apa kata tersebut.
  9. False Label, default dari fungsi ini yaitu "False". Pada fungsi ini dapat mengubah kata "False" menjadi kata "Tidak", "Jika Tidak.." atau sebagai-nya sesuai keinginan.

Setelah selesai, flowchart bisa diunduh menjadi PDF, SVG dan PNG.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …