Laravel: Bagaimana Cara Agar Website Laravel Dapat Diakses Di Perangkat Lain?

Halo agan sista, pada postingan kali ini admin mau bahas bagaimana caranya agar website laravel yang kita buat dapat diakses dari perangkat lain? Pada kasus ini, website tersebut belum diupload di hosting ya. Jadi pada metode akses ini masih sebatas lokal dengan membuka link berupa alamat IP di browser.

Adakalanya, pada saat proses pengembangan suatu aplikasi website, kita perlu menguji coba beberapa hal, seperti berfungsinya javascript, mencoba tampilan yang responsive di berbagai perangkat, dll. Pada tahapan alpha tersebut, mungkin sebagian orang / pengembang merasa riskan jika aplikasi tersebut langsung diuji coba secara online. Oleh karena itu, proses uji coba secara lokal merupakan sebuah alternatif yang baik untuk dicoba. Dan kabar baiknya adalah, build in server artisan Laravel sudah dapat men-support hal tersebut.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah, mengetahui IP Address yang kalian gunakan di perangkat keras saat ini yang berisi Laravel yang ingin di share. Setelah itu, ketikkan perintah ifconfig untuk mengetahui IP yang digunakan
Atau bisa gunakan GUI
Bila sudah tahu IP Address nya, masuk kedalam direktori kerja Laravel yang telah Anda buat sebelumnya melalui terminal dengan perintah CD atau jika Anda malas, bisa dengan cara masuk ke direktori kerja lalu klik kanan dan pilih menu "Open Terminal Here".

Selanjutnya, buka terminal dan ketik perintah berikut ini:
sudo php artisan serve --host 192.168.100.13 --port 8080
Apabila tidak ada error, silakan buka alamat IP yang sudah di setting pada langkah sebelumnya di browser perangkat lain.
Jangan lupa, cara ini dapat berjalan apabila kalian satu akses jaringan / WIFI dengan perangkat yang berperan sebagai servernya.
Gimana, mudah kan?

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar