Meningkatkan Resolusi Layar di Virtualbox

Hari ini mimin mau curhat cerita nih agan sista. Cerita nya, hari ini saya install Virtualbox karena akan mencoba sebuah aplikasi yang urgent mau di pakai, tapi source code nya hanya compatible di Linux lama. Wah masa iya saya harus backup data berjibun cuma buat ganti OS hanya untuk satu aplikasi, akhir nya solusi Virtualbox lah yang saya ambil.

Download dan install virtualbox sudah, download .iso OS nya juga sudah, skip skip cerita nya si OS juga sudah di install di virtualbox, nah sekarang saya menemukan kendala, yaitu resolusi layar ubuntu yang saya pasang di virtualbox amat sangat kecil (Pada studi kasus ini, saya menggunakan Ubuntu 12.04), cuma 640x480, wtf!! Jadi merepotkan, karena banyak window yang kebesaran di layar sehingga memunculkan rasa kurang nyaman.

Cari sana sini, akhir nya saya telah menemukan solusi nya yang siap di hidangkan buat agan sista. Pertama, buka terminal dan ketikkan perintah berikut :
apt-get update
apt-get install dkms build-essential linux-headers-generic
Bila sudah, silakan restart. Atau kalau agan sista masih di Terminal, ketik perintah :
reboot
Tunggu hingga OS sudah siap, dan nanti sistem akan mendeteksi ada driver baru dan muncul window seperti ini
Klik tombol install, tunggu hingga muncul tampilan seperti di atas, lalu tekan tombol Close dan restart lagi. Tadaa, sekarang Resolusi layar agan sista menjadi lebih besar dan jadi lebih nyaman di gunakan bukan? (Pada laptop mimin sih, cuma mentok di 1024 X 768, hehe)

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar