Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

  1. ETA
  2. Anti Piracy
  3. Ports and Distance Database
  4. Coordinates to coordinates distance
  5. Weather Service
  6. Sea Ice
  7. Routing Point (RP)
  8. (S)ECA distance
  9. Simple estimation
  10. Vessel manager
  11. Visual route on e-world map
 

Cara Menggunakan Netpas

Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk mendapatkan username dan password
Bila sudah, buka aplikasi dan akan muncul tampilan seperti ini. Isi kan user dan password yang sudah kita daftarkan tadi
Bila sudah berhasil masuk, untuk mengukur jarak antar pelabuhan, klik tombol ber icon pensil pada tabel di tampilan bawah.
Masukkan nama / kota pelabuhan asal.
Lakukan langkah yang sama pada row kedua untuk menentukan pelabuhan singgah atau tujuan. Bila sudah, tekan tombol get distance (F9) atau tekan tombol F9 untuk mendapatkan jarak. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Akan muncul informasi mengenai rute yang di lewati, jarak tempuh, estimasi lama perjalanan berdasarkan kecepatan kapal, dan masih banyak sekali info yang di sediakan oleh aplikasi ini. Sangat lengkap dan menarik untuk di coba.

Semoga bermanfaat, kalau di rasa berguna, silakan di share.

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)