Langsung ke konten utama

Seri Sederhana: Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux - Bagian 5: Cara Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux


Setelah sebelumnya kita telah mempelajari cara merubah identitas distro Linux yang akan kita remastering, pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara merubah identitas yang pasti akan muncul pertama kali sesaat setelah kalian menekan tombol power, yaitu Plymouth alias animasi booting dan shutdown di Linux.

Plymouth adalah nama lain dari bootsplash, yaitu sebuah tampilan animasi yang muncul pertama kali saat komputer sedang dinyalakan. Selain untuk mempercantik tampilan, fungsi utama Plymouth adalah untuk “menutupi” tampilan teks saat Sistem Operasi sedang me-load file sistem. Dengan mengubah tampilan Plymouth, secara tidak langsung juga akan menumbuhkan image dan identitas dari distro hasil remaster itu sendiri.
Desain Booting and Shutdown Animation
Pada distro remaster yang kami gunakan, cara yang di lakukan adalah dengan mengganti logo Plymouth default dengan logo yang telah kita buat sebelumnya, sehingga bisa meminimalisir error yang akan terjadi setelah melakukan proses mengubah Plymouth (misal tampilan blank atau logo tidak muncul saat booting). Cara mengubah tampilan Plymouth adalah sebagai berikut:
  1. Buka Terminal, lalu ketik command sudo nautilus.
  2. Buka folder /usr/share/plymouth/theme/[nama folder tema plymouth]. Salin logo pada folder tersebut, lalu ubah nama file logo baru dengan nama yang sama seperti logo lama / replace.
  3. Tutup jendela nautilus untuk kembali ke Terminal. Setelah itu, ketik command sudo update-initramfs –u untuk memperbarui tampilan Plymouth.
  4. Restart Komputer Anda.
Seri Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux:
Bagian 1: Pengenalan
Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)
Bagian 3: Pengertian Remastering
Bagian 4: Proses Remastering (Mengganti Identitas dan Merubah Paket Aplikasi)
Bagian 5: Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux
Bagian 6: Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drony - Cara Akses Ke Internet Proxy di Android Tanpa Root

Sebenarnya ini adalah cara yang sudah lama, namun saya baru tahu dan butuh cara ini saat mengetahui bahwa koneksi di kampus ITS ternyata menggunakan proxy. Sebenarnya sih kita bisa juga akses internet di jaringan kampus tanpa menggunakan proxy, yaitu dengan cara login via siakad, nah berhubung saya bukan mahasiswa sana, satu satu nya cara ya kembali ke cara lama dengan proxy.

Berhubung kantong mahasiswa yang sering masuk angin karena tidak memiliki uang untuk membeli paket, memutar otak agar tetap bisa mengakses internet jadi solusi. Mungkin untuk pengguna PC atau laptop, proxy bukan menjadi kendala yang besar karena sekarang kebanyakan aplikasi internet untuk PC sudah menyediakan fitur untuk mengeset proxy, namun beda cerita apabila kita menggunakan device smartphone seperti pada OS Android misalnya. Dahulu, kita perlu me root device agar bisa menggunakan aplikasi tunneling proxy seperti ProxyDroid, tapi masalah selanjutnya yang timbul adalah root bukanlah perkara mudah untuk sebagi…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…