Langsung ke konten utama

Seri Sederhana: Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux - Bagian 6: Cara Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Halo gan sist, bagaimana kabarnya? Semoga kalian masih semangat mengikuti seri tutorial sederhana ini dari bagian awal, karena kabar baiknya adalah bagian 6 ini adalah bagian terakhir dari semua bagian yang telah kalian ikuti sebelumnya. Setelah pada bagian sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara nya Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux, maka pada bagian ini kita akan mempelajari cara mengemas sistem operasi yang sudah kita remaster dalam bentuk .ISO.

Setelah semua aplikasi pendukung pada OS bahan sudah terpasang maupun di hapus (di kurangi) serta sudah melakukan perubahan pada nama dan logo distro baru, maka langkah selanjutnya yaitu mengemas sistem operasi kedalam bentuk virtual disk berekstensi .ISO. Tujuan nya tak lain adalah untuk mempermudah dalam mendistribusikan distro hasil remastering. Aplikasi yang di gunakan pada praktek remaster ini adalah Pinguy Builder. Langkah  - langkah yang di lakukan adalah:
  1. Unduh aplikasi Pinguy Builder dan Xresprobe* (*Untuk basic distro *buntu versi 15.04 keatas).
  2. Pasang Xresprobe lalu di ikuti dengan memasang Pinguy Builder. Usahakan saat proses instalasi dengan terkoneksi dengan internet untuk mengunduh Depency tambahan yang di perlukan oleh Pinguy Builder.
    Gambar 1 Pemasangan Depency Tambahan Untuk Pinguy Builder
  3. Bila sudah terpasang, buka Pinguy Builder lalu buka tab Settings untuk mengatur beberapa pengaturan seperti nama user, CD Level, filename, dan lokasi untuk menyimpan file .ISO hasil remaster.
    Gambar 2 Tampilan Settings Pinguy Builder
  4. Bila sudah, kembali ke halaman awal aplikasi pada tab Actions. Lalu pilih menu Backup.
    Gambar 3 Tampilan Actions Pinguy Builder
  5. Tunggu proses pengemasan sistem kedalam bentuk .ISO
    Gambar 4 Proses Pengemasan Sistem Kedalam Bentuk .ISO
  6. Bila berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut.
    Gambar 5 Tampilan Pesan Berhasil Remastering Pada Pinguy Builder

Burning Ke Removable Disk

Setelah file .ISO telah jadi, maka distro baru hasil remaster sudah siap untuk di distribusikan ke internet ataupun digunakan. Salah satu cara menginstall komputer komputer dengan Sistem Operasi hasil remaster tadi adalah dengan menggunakan removable disk, bisa itu berupa CD / DVD maupun dengan Flashdisk.

Hasil jadi remaster dari seri tutorial ini dapat anda unduh pada link berikut: https://drive.google.com/file/d/0B9CSrJFyxzl7Y20xTmJwYl9wbmc/view

Seri Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux:
Bagian 1: Pengenalan
Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)
Bagian 3: Pengertian Remastering
Bagian 4: Proses Remastering (Mengganti Identitas dan Merubah Paket Aplikasi)
Bagian 5: Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux
Bagian 6: Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Semoga serial tutorial ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drony - Cara Akses Ke Internet Proxy di Android Tanpa Root

Sebenarnya ini adalah cara yang sudah lama, namun saya baru tahu dan butuh cara ini saat mengetahui bahwa koneksi di kampus ITS ternyata menggunakan proxy. Sebenarnya sih kita bisa juga akses internet di jaringan kampus tanpa menggunakan proxy, yaitu dengan cara login via siakad, nah berhubung saya bukan mahasiswa sana, satu satu nya cara ya kembali ke cara lama dengan proxy.

Berhubung kantong mahasiswa yang sering masuk angin karena tidak memiliki uang untuk membeli paket, memutar otak agar tetap bisa mengakses internet jadi solusi. Mungkin untuk pengguna PC atau laptop, proxy bukan menjadi kendala yang besar karena sekarang kebanyakan aplikasi internet untuk PC sudah menyediakan fitur untuk mengeset proxy, namun beda cerita apabila kita menggunakan device smartphone seperti pada OS Android misalnya. Dahulu, kita perlu me root device agar bisa menggunakan aplikasi tunneling proxy seperti ProxyDroid, tapi masalah selanjutnya yang timbul adalah root bukanlah perkara mudah untuk sebagi…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…