Cara Menggunakan Spotify Tanpa Iklan di Linux

Halo gan sist, jumpa lagi sama mimin setelah sekian lama vakum dari dunia blogging karena kesibukan mimin di dunia nyata. Di tengah pandemi seperti saat ini yang entah hingga kapan selesainya, harapannya semoga kalian semua sehat dan di jauhkan dari segala marabahaya, amien.

Kali ini mimin mau sharing sebuah tutorial tentang bagaimana Cara Menggunakan Spotify Tanpa Iklan di Linux. Sengaja ane mau sharing tutorial ini tak lain hanya untuk media pembelajaran aja, selain juga karena sebel dan bikin bete aja karena akhir-akhir ini iklan di Spotify kontennya sangat bikin emosi, apalagi kalau udah muncul iklan dari salah satu marketplace oranye yang udah terkenal dan tidak dapat diragukan lagi ke absurd-an serta ke gajelasan nya.

Baiklah, kita langsung saja menuju cara penggunaannya. Sebelumnya, terimakasih banyak kepada username abba23 di Github yang telah membuat blocker ini.

Jadi yang akan kita lakukan sekarang adalah memasang ad-blocker yang akan mem-blacklist url yang diakses aplikasi Spotify untuk mendapatkan iklan yang akan di tampilkan di aplikasi tersebut. Namun sebagai catatan, blocker ini tidak dapat di gunakan pada Spotify yang kalian install dari sumber Snap.


Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah, pastikan pra-syarat di bawah sudah terinstal semua di PC kalian, apa saja itu? Antara lain:
  • Git
  • Wget
  • tar
  • Make
  • GCC
  • libc headers (e.g. libc-dev on Debian-based distributions)
Apabila sudah, langkah selanjutnya adalah meng-clone project tersebut ke PC lokal kalian, dengan perintah:
git clone https://github.com/abba23/spotify-adblock-linux.git

Apabila sudah, pindah dan masuk kedalam folder spotify-adblock-linux dengan perintah
cd spotify-adblock-linux

Lalu, instal dengan perintah berikut ini
wget -O cef.tar.bz2 https://cef-builds.spotifycdn.com/cef_binary_88.1.6%2Bg4fe33a1%2Bchromium-88.0.4324.96_linux64_minimal.tar.bz2
tar -xf cef.tar.bz2 --wildcards '*/include' --strip-components=1

make
sudo make install

Bila sudah tidak muncul error pada saat proses instalasi, berarti ad-block untuk Spotify ini sudah berhasil terpasang di PC kalian. Apakah ini berarti Spotify sudah bisa langsung digunakan?

Jawabannya belum. Pada aplikasi resmi yang sudah kalian install, blocker ini tentu saja tidak akan dibaca. Kalian harus mengakses file spotify-adblock.so. Oleh karena itu, langkah terakhir yang perlu kalian lakukan saat ini adalah membuat file .desktop untuk menjadi shortcut aplikasi untuk membuka Spotify dengan ad-block nya. Copy paste perintah di bawah pada file .desktop yang telah kalian buat.
[Desktop Entry]
Type=Application
Name=Spotify (adblock)
GenericName=Music Player
Icon=spotify-client
TryExec=spotify
Exec=env LD_PRELOAD=/usr/local/lib/spotify-adblock.so spotify %U
Terminal=false
MimeType=x-scheme-handler/spotify;
Categories=Audio;Music;Player;AudioVideo;
StartupWMClass=spotify
atau jika kalian menggunakan sumber paket dari Flatpak
[Desktop Entry]
Type=Application
Name=Spotify (adblock)
GenericName=Music Player
Icon=com.spotify.Client
Exec=flatpak run --file-forwarding --command=sh com.spotify.Client -c 'eval "$(sed s#LD_PRELOAD=#LD_PRELOAD=$HOME/.spotify-adblock/spotify-adblock.so:#g /app/bin/spotify)"' @@u %U @@
Terminal=false
MimeType=x-scheme-handler/spotify;
Categories=Audio;Music;Player;AudioVideo;
StartupWMClass=spotify
Dan, apabila kalian ingin melakukan uninstall untuk ad-block ini, kalian tinggal menggunakan perintah
sudo make uninstall
Bagaimana, mudah kan?

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar