Langsung ke konten utama

Cara Mengetahui Font Website

Banner Cara Mengetahui Font Website
Kegiatan surfing alias berselancar di dunia maya memang mengasyik kan, apalagi bagi sebagian kelompok seperti programmer atau desainer aplikasi dan website. Bagi mereka, surfing itu bukan hanya sekedar pelepas dahaga atau stalking di sosmed punya mantan atau gebetan, lebih dari itu. Kegiatan berselencar di dunia maya bisa jadi ajang mencari inspirasi.

Seringkali, saat kita mengunjungi sebuah website penilaian pertama yang langsung kita tuju adalah tampilan dan font yang di gunakan. Sudah barang lumrah dong, font juga memiliki peranan kunci enak tidak nya suatu desain apps maupun karya seni layak di nikmati atau tidak. Kalau website tersebut salah menggunakan font, susah di baca misal, tentu akan berpengaruh pada kunjungan website tersebut yang menurun.

Nah, seperti yang sudah di jelasin di atas, kadang saat mampir di sebuah situs, kita mengeluarkan sebuah pendapat "wah kok font nya enak ya, bikin betah" bagai cinta pada pandangan pertama setelah melihat font yang di gunakan tadi bikin kita baper dan kesengsem aja. Lalu agan sista akhir nya berfikir, apa sih font yang di pakai? pengen pakai juga.

Ada beberapa cara agar kita bisa tahu font apa yang di gunakan website tersebut.

Cara pertama yaitu lihat source code nya.
Kelebihan dari cara ini adalah agan sista jadi kelihatan Geek saat mengorek info tentang font apa sih yang di pakai website ini?. Cara nya yaitu tekan f12 atau ctrl + shift + i di chrome atau klik kanan lalu pilih menu inspeksi. Setelah muncul tampilan seperti di atas, tekan ctrl + shift + c untuk memilih elemen yang akan di inspeksi, lalu klik tulisan mana yang ingin di ketahui jenis font nya.

Kelemahan dari cara ini adalah membutuhkan waktu yang lama dan tidak bisa di lakukan oleh semua orang untuk memahami apa yang muncul di hadapan mereka (kata orang awam bagai melihat bahasa alien ).

Cara kedua adalah cara yang sangat mudah di lakukan, baik bagi si awam apalagi buat si geek. Yaitu dengan cara menginstal add on yang bernama Fontface Ninja.
Pertama, buka market add on masing masing browser atau buka link ini untuk Mozilla Firefox atau link ini untuk Google Chrome. Bila sudah, pasang.
Tunggu hingga selesai pemasangan. Bila sudah, buka Fontface Ninja yang sudah kita instal tadi.
Arahkan kursor pada teks, dan langsung muncul info yang kita cari dengan mudah.

Dengan cara ini, agan sista akan lebih mudah mengidentifikasi font yang di gunakan. Cukup arahkan kursor di atas tulisan yang ingin di ketahui font nya, dan tadaaa, langsung muncul informasi font apa yang di gunakan dan berapa size nya.

Semoga tips ini bermanfaat, dan jangan lupa share bila dirasa berguna buat yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …