Cara Mengetahui Font Website

Banner Cara Mengetahui Font Website
Kegiatan surfing alias berselancar di dunia maya memang mengasyik kan, apalagi bagi sebagian kelompok seperti programmer atau desainer aplikasi dan website. Bagi mereka, surfing itu bukan hanya sekedar pelepas dahaga atau stalking di sosmed punya mantan atau gebetan, lebih dari itu. Kegiatan berselencar di dunia maya bisa jadi ajang mencari inspirasi.

Seringkali, saat kita mengunjungi sebuah website penilaian pertama yang langsung kita tuju adalah tampilan dan font yang di gunakan. Sudah barang lumrah dong, font juga memiliki peranan kunci enak tidak nya suatu desain apps maupun karya seni layak di nikmati atau tidak. Kalau website tersebut salah menggunakan font, susah di baca misal, tentu akan berpengaruh pada kunjungan website tersebut yang menurun.

Nah, seperti yang sudah di jelasin di atas, kadang saat mampir di sebuah situs, kita mengeluarkan sebuah pendapat "wah kok font nya enak ya, bikin betah" bagai cinta pada pandangan pertama setelah melihat font yang di gunakan tadi bikin kita baper dan kesengsem aja. Lalu agan sista akhir nya berfikir, apa sih font yang di pakai? pengen pakai juga.

Ada beberapa cara agar kita bisa tahu font apa yang di gunakan website tersebut.

Cara pertama yaitu lihat source code nya.
Kelebihan dari cara ini adalah agan sista jadi kelihatan Geek saat mengorek info tentang font apa sih yang di pakai website ini?. Cara nya yaitu tekan f12 atau ctrl + shift + i di chrome atau klik kanan lalu pilih menu inspeksi. Setelah muncul tampilan seperti di atas, tekan ctrl + shift + c untuk memilih elemen yang akan di inspeksi, lalu klik tulisan mana yang ingin di ketahui jenis font nya.

Kelemahan dari cara ini adalah membutuhkan waktu yang lama dan tidak bisa di lakukan oleh semua orang untuk memahami apa yang muncul di hadapan mereka (kata orang awam bagai melihat bahasa alien ).

Cara kedua adalah cara yang sangat mudah di lakukan, baik bagi si awam apalagi buat si geek. Yaitu dengan cara menginstal add on yang bernama Fontface Ninja.
Pertama, buka market add on masing masing browser atau buka link ini untuk Mozilla Firefox atau link ini untuk Google Chrome. Bila sudah, pasang.
Tunggu hingga selesai pemasangan. Bila sudah, buka Fontface Ninja yang sudah kita instal tadi.
Arahkan kursor pada teks, dan langsung muncul info yang kita cari dengan mudah.

Dengan cara ini, agan sista akan lebih mudah mengidentifikasi font yang di gunakan. Cukup arahkan kursor di atas tulisan yang ingin di ketahui font nya, dan tadaaa, langsung muncul informasi font apa yang di gunakan dan berapa size nya.

Semoga tips ini bermanfaat, dan jangan lupa share bila dirasa berguna buat yang lain.

Posting Komentar

0 Komentar