Langsung ke konten utama

Trenggalek, Dikau Yang Sedang Berulang Tahun

Selamat Ulang Tahun Trenggalek
Ya, pagi ini seperti biasa nya saya memulai aktivitas memulai hari dengan bangun cantik yang lebih mirip sekali dengan kucing kebelet kawin. Guling kiri, guling kanan seperti berat sekali membangunkan diri beranjak dari ranjang yang serasa memiliki daya tarik gravitasi yang besar sekali.

Eh, tapi kok hari ini ada yang berasa beda sekali ya? Serasa ada euforia besar terhadap kota asal saya di sosmed, seketika itu juga saya langsung melihat kalender, sedang penasaran ingin mengintip tanggal berapa sih hari ini. Dan terjawab sudah mengapa euforia Trenggalek wanabee sangat terasa hari ini. Bukan karena ada anggota JKT48 yang melahirkan di RSUD Dr. Soedomo, atau bukan juga karena emak'e Trenggalek sing ayu, bunda Arumi tanpa sengaja menginjak semut dan semut nya mati dan mendadak jadi hits di sosmed. Yups, hari ini ternyata tanggal 31 Agustus!!

Ada apa emang dengan tanggal 31 Agustus?

Tepat sekali buat kawan yang sudah menebak dengan benar, tapi buat yang belum tau, FYI ya, tanggal 31 Agustus itu di peringati sebagai hari jadi kota Trenggalek. Jadi hari ini Trenggalek sedang berulang tahun yang ke 822, yee selamat yaa. Sungguh bukan usia yang masih muda lagi tentu nya.
Di usia nya yang sudah tak lagi muda, masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus di selesaikan bersama, dengan harapan agar kota kecil ini menjadi kota yang lebih baik, maju, cerdas, namun beradab dengan tetap mempertahankan budaya sopan santun yang telah mendarah daging di kota yang memiliki julukan Kota Gaplek ini.

Kemiskinan, Pendidikan, Sampai Masalah Kurang Hits.

Tidak bisa di pungkiri lagi, di kota yang mana masyarakat nya sangat menggantungkan hidup dari sektor agraria dan pesisir, Kota Trenggalek masih di dominasi oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi yang masih di bawah standar kehidupan layak (bukan standar kehidupan mewah loh ya).
Ilustrasi Ekonomi Kurang Mampu | Sumber
Ane kutip dari sumber yang terpercaya yaitu BPS, angka kemiskinan di kota Gaplek mencapai 87.938 rumah tangga (13,77%) atau kira kira mencapai 351.752 penduduk jika asumsi rata rata memiliki 4 anggota keluarga per rumah tangga, alias 42,96% dari jumlah penduduk yang mencapai 818.797 orang* (data 2014) *koreksi ya kalau ada hitungan yang salah. Hampir separuh nya gan sist, ini bukan angka yang kecil, bahkan prosentase nya lebih besar (prosentase per kepala keluarga) jika kita bandingkan dengan prosentase di tingkat Provinsi Jawa Timur yang sebanyak 12,73% dan di tingkat nasional "yang" hanya 11,47%.

Masalah pendidikan juga termasuk hal yang vital, karena pendidikan juga salah satu tolak ukur kemajuan sebuah daerah. Fakta di lapangan berkata, masih banyak anak Trenggalek yang yang putus sekolah di bawah usia SMA, walaupun pada tulisan ini belum di perkuat dengan data angka dan prosentase yang dapat menunjukkan hal itu.
Ilustrasi Sekolah | Sumber
Tentu ini akan menjadi benang kusut, karena pada akhir nya mereka akan terjebak pada pusaran ekonomi di bawah kehidupan layak, entah karena pada akhir nya mereka jadi pengangguran atau bekerja dengan gaji yang amat minim.

Poin berikut nya yaitu tentang kurang hits, terdengar sepele ya seperti nya? Namun hal inilah yang kadang bikin nyesek hati gan sist saat di perantauan. Misal nih saat ospek MaBa, atau pas udah kerja di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, tiba tiba ada yang tanya:
A. Eh, elu asli mana gan/sist? (koen asli ndi cuk? )*kenalan 
B. Saya asli Trenggalek.
A. What? Trenggalek? Kota sebelah mana tuh? (Padahal yang tanya podho Jawa Timur'e).
Duh, kota nya aja tidak di kenal, bagaimana dengan wisata nya. Tambah ndak terkenal dong, atau malah jangan jangan wisata nya terkenal tapi jarang yang tau kalau itu ternyata di kota Trenggalek.
Ilustrasi Trenggalek Itu Mana? | Sumber
Hahaha, semoga saja hal itu tidak terjadi. Inilah tugas kita, apalagi yang sedang ada di perantauan di manapun agan sista berada, yuk kita kenalkan segala potensi yang ada di Kota Trenggalek tercinta ini, mulai dari wisata nya, kulinernya, budaya nya, pokoknya segala sesuatu yang khas dari kota ini. Biar tidak ada lagi yang tanya "Trenggalek itu dimana?".
Bukan berarti Trenggalek itu tidak ada kemajuan loh ya...
Akhir akhir ini, bisa di bilang memang banyak sekali melakukan pembenahan diri, sebagai wujud menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tadi. Bukan berarti Trenggalek itu tidak ada kemajuan loh ya... Mulai dari sektor wisata alam dan agro yang mulai di kampanyekan dan makin di kenal masyarakat luas, makin banyak event yang di adakan buat mengenalkan UKM yang ada, aksi cepat tanggap pemerintah dan masih banyak sekali perubahan yang sudah di lakukan oleh kota ini.

Sekali lagi Saya mau mengucapkan:

Dirgahayu Kabupaten Trenggalek yang ke 822, semangat kerja nyata, berbudi luhur, dan berilmu untuk membangun Trenggalek yang lebih baik.


#trenggalekhits #trenggalekkece #trenggalekmembangun #pemkabtrenggalek #ilovetrenggalek #trenggalek #membangunlebihbaik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …