Trenggalek, Dikau Yang Sedang Berulang Tahun

Selamat Ulang Tahun Trenggalek
Ya, pagi ini seperti biasa nya saya memulai aktivitas memulai hari dengan bangun cantik yang lebih mirip sekali dengan kucing kebelet kawin. Guling kiri, guling kanan seperti berat sekali membangunkan diri beranjak dari ranjang yang serasa memiliki daya tarik gravitasi yang besar sekali.

Eh, tapi kok hari ini ada yang berasa beda sekali ya? Serasa ada euforia besar terhadap kota asal saya di sosmed, seketika itu juga saya langsung melihat kalender, sedang penasaran ingin mengintip tanggal berapa sih hari ini. Dan terjawab sudah mengapa euforia Trenggalek wanabee sangat terasa hari ini. Bukan karena ada anggota JKT48 yang melahirkan di RSUD Dr. Soedomo, atau bukan juga karena emak'e Trenggalek sing ayu, bunda Arumi tanpa sengaja menginjak semut dan semut nya mati dan mendadak jadi hits di sosmed. Yups, hari ini ternyata tanggal 31 Agustus!!

Ada apa emang dengan tanggal 31 Agustus?

Tepat sekali buat kawan yang sudah menebak dengan benar, tapi buat yang belum tau, FYI ya, tanggal 31 Agustus itu di peringati sebagai hari jadi kota Trenggalek. Jadi hari ini Trenggalek sedang berulang tahun yang ke 822, yee selamat yaa. Sungguh bukan usia yang masih muda lagi tentu nya.
Di usia nya yang sudah tak lagi muda, masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus di selesaikan bersama, dengan harapan agar kota kecil ini menjadi kota yang lebih baik, maju, cerdas, namun beradab dengan tetap mempertahankan budaya sopan santun yang telah mendarah daging di kota yang memiliki julukan Kota Gaplek ini.

Kemiskinan, Pendidikan, Sampai Masalah Kurang Hits.

Tidak bisa di pungkiri lagi, di kota yang mana masyarakat nya sangat menggantungkan hidup dari sektor agraria dan pesisir, Kota Trenggalek masih di dominasi oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi yang masih di bawah standar kehidupan layak (bukan standar kehidupan mewah loh ya).
Ilustrasi Ekonomi Kurang Mampu | Sumber
Ane kutip dari sumber yang terpercaya yaitu BPS, angka kemiskinan di kota Gaplek mencapai 87.938 rumah tangga (13,77%) atau kira kira mencapai 351.752 penduduk jika asumsi rata rata memiliki 4 anggota keluarga per rumah tangga, alias 42,96% dari jumlah penduduk yang mencapai 818.797 orang* (data 2014) *koreksi ya kalau ada hitungan yang salah. Hampir separuh nya gan sist, ini bukan angka yang kecil, bahkan prosentase nya lebih besar (prosentase per kepala keluarga) jika kita bandingkan dengan prosentase di tingkat Provinsi Jawa Timur yang sebanyak 12,73% dan di tingkat nasional "yang" hanya 11,47%.

Masalah pendidikan juga termasuk hal yang vital, karena pendidikan juga salah satu tolak ukur kemajuan sebuah daerah. Fakta di lapangan berkata, masih banyak anak Trenggalek yang yang putus sekolah di bawah usia SMA, walaupun pada tulisan ini belum di perkuat dengan data angka dan prosentase yang dapat menunjukkan hal itu.
Ilustrasi Sekolah | Sumber
Tentu ini akan menjadi benang kusut, karena pada akhir nya mereka akan terjebak pada pusaran ekonomi di bawah kehidupan layak, entah karena pada akhir nya mereka jadi pengangguran atau bekerja dengan gaji yang amat minim.

Poin berikut nya yaitu tentang kurang hits, terdengar sepele ya seperti nya? Namun hal inilah yang kadang bikin nyesek hati gan sist saat di perantauan. Misal nih saat ospek MaBa, atau pas udah kerja di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, tiba tiba ada yang tanya:
A. Eh, elu asli mana gan/sist? (koen asli ndi cuk? )*kenalan 
B. Saya asli Trenggalek.
A. What? Trenggalek? Kota sebelah mana tuh? (Padahal yang tanya podho Jawa Timur'e).
Duh, kota nya aja tidak di kenal, bagaimana dengan wisata nya. Tambah ndak terkenal dong, atau malah jangan jangan wisata nya terkenal tapi jarang yang tau kalau itu ternyata di kota Trenggalek.
Ilustrasi Trenggalek Itu Mana? | Sumber
Hahaha, semoga saja hal itu tidak terjadi. Inilah tugas kita, apalagi yang sedang ada di perantauan di manapun agan sista berada, yuk kita kenalkan segala potensi yang ada di Kota Trenggalek tercinta ini, mulai dari wisata nya, kulinernya, budaya nya, pokoknya segala sesuatu yang khas dari kota ini. Biar tidak ada lagi yang tanya "Trenggalek itu dimana?".
Bukan berarti Trenggalek itu tidak ada kemajuan loh ya...
Akhir akhir ini, bisa di bilang memang banyak sekali melakukan pembenahan diri, sebagai wujud menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tadi. Bukan berarti Trenggalek itu tidak ada kemajuan loh ya... Mulai dari sektor wisata alam dan agro yang mulai di kampanyekan dan makin di kenal masyarakat luas, makin banyak event yang di adakan buat mengenalkan UKM yang ada, aksi cepat tanggap pemerintah dan masih banyak sekali perubahan yang sudah di lakukan oleh kota ini.

Sekali lagi Saya mau mengucapkan:

Dirgahayu Kabupaten Trenggalek yang ke 822, semangat kerja nyata, berbudi luhur, dan berilmu untuk membangun Trenggalek yang lebih baik.


#trenggalekhits #trenggalekkece #trenggalekmembangun #pemkabtrenggalek #ilovetrenggalek #trenggalek #membangunlebihbaik

Posting Komentar

0 Komentar