Cara Install Qt di Linux Dengan Mudah

Install Qt? Kalau cuma install saja mungkin hampir semua orang yang pernah memegang komputer pasti bisa melakukannya, namun tidak semua orang bisa bila menginstall aplikasi Qt  di Linux. Masih sedikitnya orang yang menggunakan sekaligus minimnya pelajaran di sekolah mengenai penggunaan Linux menjadikan masih sedikit kawan kawan yang bingung untuk menginstallnya.

Buat yang belum pernah tahu apa itu Qt, bisa berkunjung di postingan saya sebelumnya yaitu Apa Itu Qt?

Langsung saja pada step, jadi begini Agan sista. Untuk mempermudah kita dalam menginstall suatu package aplikasi, saat ini di linux sudah ada aplikasi yang ber - ekstensi .run. Cara penggunaannya pun semudah saat kita menginstall aplikasi excutable pada sistem operasi Windows.

1. Buat Anda yang belum punya installernya, silakan download di sini (x32) atau di sini (x64). Bila link tersebut tidak bisa, Anda bisa kunjungi situs nya Qt langsung pada link ini.
2. Bila sudah selesai, biasanya file akan tersimpan di partisi Linux pada folder home/download.
3. Bila Anda sudah men - download sebelumnya dan  masih tersimpan di partisi Windows, sebaiknya Anda copy dulu ke partisi Linux. Pada contoh saya copy di folder Home.


4. Bila sudah, klik kanan file installer Qt tadi, lalu pilih menu properties
5. Setelah muncul pop menu properties, pilih tab Permissions


6. Lalu centang pada pilihan "Allow executing file as program" yang letaknya ada di paling bawah, lalu tekan tombol Close.


7. Klik 2 kali, atau klik kanan pada file installer tadi lalu pilih menu open / run. Setelah itu, nanti akan muncul tampilan installer nya seperti ini.


Lakukan seperti Anda biasanya, sampai proses selesai.

Tadaa, akhirnya selesai proses installasi. Bila sudah berhasil, maka shortcut dari Qt akan muncul di menu / launcher Anda


Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar