Langsung ke konten utama

Apa Itu Qt?

Pernahkan Agan sista semua mendengar nama Qt? Lalu apa sih itu Qt?

Jadi begini, Qt (dibaca : kiut) itu adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang dibuat pada tahun 1996 oleh perusahaan dari swedia yang bernama Trolltech. Qt memiliki sifat lintas platform maka developer dapat membuat aplikasi yang berjalan pada platform Windows, Linux, dan Mac. Dengan Qt kode yang sama dapat dijalankan pada target platform yang berbeda.

Dalam pemrograman komputer, Qt adalah toolkit untuk pengembangan aplikasi grafis yang bersifat lintas-platform. Qt dikenal sebagai fondasi penyusun KDE, sebuah lingkungan grafis yang populer di Linux. Qt dibuat oleh perusahaan Norwegia bernama Trolltech. Mengikut pengembang-pengembang Qt di Trolltech, Qt diucapkan seperti kata bahasa Inggris "cute".

Qt disusun dengan bahasa C++ dan dapat digunakan di platform Unix, Windows, dan Mac OS X. Qt menyediakan dukungan terhadap internasionalisasi, akses ke basis data, XML, dan penanganan berkas.
Hello World Qt - Sumber Gambar
Qt dirilis oleh Trolltech untuk tiga platforms:

    Qt/X11 — Qt untuk X Window System
    Qt/Mac — Qt untuk Apple Mac OS X
    Qt/Windows — Qt untuk Microsoft Windows

Terdapat empat edisi Qt untuk masing-masing platform, yakni:

    Qt Console — edisi untuk aplikasi non-GUI.
    Qt Desktop Light — edisi minimum GUI, tidak mendukung fungsi-fungsi jaringan dan basis data.
    Qt Desktop — edisi lengkap.
    Qt Open Source Edition — edisi lengkap yang bersifat open-source.

Tiga edisi yang pertama adalah proprietary dan dirilis dengan lisensi komersil. Edisi open-source dirilis dengan lisensi GPL, dengan demikian aplikasi yang dibuat dengan edisi ini harus menggunakan lisensi GPL atau lisensi lain yang kompatibel. Semua edisi dapat digunakan dengan kompilator GNU C++. Edisi komersil untuk Windows juga mendukung Microsoft Visual Studio.

Perkembangan Qt

Haavard Nord dan Eirik Chambe-Eng (pengembang awal Qt, sekarang menjabat sebagai CEO dan President Trolltech) memulai pengembangan "Qt" pada tahun 1991, tiga tahun sebelum membentuk perusahaan yang bernama Quasar Technologies yang kemudian berganti nama dua kali, Troll Tech dan akhirnya Trolltech.

Toolkit tersebut dinamakan Qt karena aksara Q terlihat cantik karena font Emacs yang digunakan Haavard, sedangkan huruf di ilhami dari Xt (X toolkit).

Kontroversi merebak pada tahun 1998 tatkala KDE semakin meluas penggunaannya sebagai lingkungan grafis untuk sistem operasi Linux. Karena KDE menggunakan Qt/X11 sebagai fondasinya, banyak pihak dari kubu gerakan open source dan free software movements menjadi khawatir bahwa nantinya bagian penting dari sistem operasi ini akan berada di bawah kendali komersil.

Trolltech kemudian menggunakan Q Public License (QPL) sebagai lisensi. QPL memenuhi kaidah lisensi free software tetapi oleh FSF dianggap tidak kompatible dengan GPL. Sebuah langkah kompromis diambil oleh tim KDE dan Trolltech dengan KDE Free Qt Foundation yang akan menjamin bahwa jika Trolltech menghentikan pengembangan Qt/X11, maka versi terakhir dari Qt/X11 akan dirilis menggunakan lisensi BSD (yang lebih tidak mengikat dibandingkan GPL).

Pada bulan September 2000, Trolltech merilis Qt/X11 2.2 dengan lisensi GPL. Versi-versi Qt/X11 selanjutnya juga menggunakan lisensi ini.

Sejak Juni 2005, Trolltech juga merilis Qt/Windows 4 dengan lisensi GPL.

Pada tahun 2008, Nokia mengakuisisi Trolltech untuk memperlancar strategi pengembangan aplikasi lintas platform. Saat ini strategi Nokia adalah memfokuskan teknologi pengembangan aplikasi mobile pada Qt sebagai single app development framework.

Lisensi

Trolltech menggunakan skema dual-license untuk Qt, yaitu lisensi GPL dan lisensi komersil.

Qt dengan lisensi GPL hanya dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi open-source yang dirilis dengan lisensi GPL atau yang kompatibel. Contoh penggunaan Qt GPL yang paling umum adalah KDE, lingkungan grafis yang populer di Linux.

Untuk mengembangkan aplikasi yang bukan open-source, dibutuhkan lisensi komersil dari Trolltech (pranala).

Aplikasi Ternama

Beberapa aplikasi ternama juga telah menggunakan Qt Framework diantaranya Google Earth map application, Skype telephony application, VLC media player, KDE desktop environment, dan masih banyak lagi. Qt juga digunakan pada berbagai perangkat elektronik dan aplikasi industri, sebagai contoh adalah mobile transportation system yang dibuat oleh Volvo, MeVisLab digital imaging platform, dan RealFlow visual effect application pada industri dunia hiburan.

Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …