Cara Instal dan Update Composer di Linux

Halo gaes, jika dulu sekali saya pernah menulis tentang bagaimana cara Update Composer di Windows Dengan Command Line, maka kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara mengenai hal yang sama, namun pada sistem operasi yang berbeda.

Kebetulan sekali, kemarin (25/10/2020) composer baru saja mengeluarkan versi rilis baru, yaitu Composer version 2.0.2. Awalnya saya mau update saja langsung via package manager, namun sayang sekali bahwa composer sepertinya kurang update di ubuntu repository, karena versi terakhir disana ternyata masih v1.6.3 alias rilisan tahun 2018 yang lalu, waw.

Baiklah, daripada harus dijelaskan panjang lebar mengenai apa itu Composer, selain juga sudah saya jelaskan sedikit sebelumnya pada link diatas, mending kita langsung menuju caranya saja.

Seperti biasa, pertama kita buka terminal, atau dengan shortcut key CTRL+ALT+T. Apabila agan sista mau melakukan pembaruan pada Composer versi sebelumnya, kita perlu menghapus dulu Composer yang lama dengan mengetikkan perintah

sudo apt-get remove composer

Bila sudah, ketik perintah sudo su untuk mengakses terminal sebagai root

sudo su

Lalu ketik atau copy paste perintah dibawah untuk melakukan proses instalasi daripada Composer

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php -- --install-dir=/usr/bin --filename=composer
Tunggu hingga proses selesai. Apabila proses berhasil akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Ketik perintah composer untuk memeriksa kembali apakah Composer sudah terintal dengan baik pada device kalian. Jika sudah hasil yang muncul sama seperti gambar di bawah ini berarti proses pemasangan composer di Linux telah berhasil.

Cek juga versi yang telah terinstal dengan perintah

composer -V
Gimana, gampang kan?

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Fatal error: Allowed memory size of 2097152 bytes exhausted (tried to allocate 655360 bytes) in - on line 1375
    error gini bang, solusinya gimana ya?

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)