Mencoba Mengatasi Xubuntu 18.04 Yang Mengalami Loop Login

Catat tidak ya? Ya udah catat deh.

Wah, kaget juga karena tidak melakukan langkah pencegahan sebelumnya. Jadi awalnya, setelah melakukan pemindahan direktori /home dari partisi root (/) ke partisi lain, tentu semua data saya pindah (cut) ke partisi baru tersebut biar partisi lama jadi lebih lega. Namun, setelah laptop saya matikan dan saya nyalakan kembali, saya tidak bisa melakukan proses login. Lah, perasaan password udah bener deh, tapi kok yang terjadi adalah, setelah login layar berubah menjadi gelap mungkin sekitar 1 atau 2 detikan, lalu kembali lagi ke halaman login. Gitu aja muter terus.

Coba login di tty1 berhasil, loh berarti sebenarnya username dan password saya tidak sepenuhnya hilang dari sistem. Namun mengapa tidak bisa login di GUI ya? Apa jangan jangan detail login kita tersimpan di config di folder /home lama, dan GUI tidak mengenali direktori /home yang baru?

Akhirnya, dengan sedikit ceroboh, mencoba cobalah beberapa tutorial yang saya temukan di google. Agak membabi buta memang, tapi setidaknya ada 3 cara yang bisa kalian lakukan jika mengalami musibah loop login seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu.

(*Sebagai catatan, semua cara yang dilakukan dibawah tidak menggunakan UI, tapi melalui konsol terminal tty1 yang dapat kalian akses dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + F1)

Pertama, buat .config baru
Pertama saya mencoba cara ini karena cara inilah yang pertama saya temui di google, caranya dengan mengetikkan perintah berikut ini di terminal
mv ~/.config ~/.config.old
Cara ini gagal di saya, apes deh.

Kedua, hapus .Xauthority
Kedua saya mencoba untuk hapus .Xauthority dengan perintah
rm .Xauthority
Dengan harapan sistem akan membuat file baru di direktori baru tersebut, dan kita bisa melakukan login seperti biasa. Namun cara ini gagal di saya, apes lagi deh.

Ketiga, merubah ownership direktori /home
Ya, cara ini dengan mengubah hak kepemilikan sebuah direktori /home menjadi milik username kita. Caranya dengan mengetikkan perintah
sudo chown <nama-pengguna>:<nama-pengguna> -R /home/<nama-pengguna>
contoh
sudo chown jalu-blog:jalu-blog -R /home/jalu-blog
Akhirnya, cara inilah yang berhasil membuat saya dapat login kembali ke sistem.

Gimana, gampang kan?

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar