Langsung ke konten utama

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi mengalami crash hingga menyebabkan Stop Working, namun sebagian pengguna masih banyak yang belum tau cara me-restore nya. Langsung aja caranya yaitu dengan menekan tombol WinKey + R atau bisa juga melalui start lalu cari program Run. Kalau sudah terbuka, ketik perintah berikut ini
%AppData%/Notepad++/backup
Kurang lebih gini tampilannya
Kalau sudah, kalian nanti akan di arahkan menuju folder C:\Users\--usename kalian--\AppData\Roaming\Notepad++\backup. Lalu lihat judul file yang ada di dalam folder tersebut, pastikan nama file yang scriptnya hilang tadi ada di backup. Bila sudah tinggal klik kanan saja, lalu pilih menu Edit with Notepad++. Sampai disini, Anda tinggal meng-copas saja script di dalam backup-an ini kedalam file project yang scriptnya hilang tadi. Sekian, semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Gilaa broo sebelumnya ane udh panik , ketikan ane di notepad hilang gara2 notresponding.. Makasih bnyk bosss !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan, semoga bermanfaat. Kebetulan tulisan ini juga "lahir" dari kasus yang sama dengan yang di alami agan, hehe

      Hapus
  2. Makasih banget gan , ane hampir aja gila

    BalasHapus
  3. makasih banyak gan...
    sangat bermanfaat gan....
    semoga dimmudahkan segala urusan agan...

    BalasHapus
  4. beh.. hampir ane guling2.. source code uda panjang banget, makasih gan.. tankiyu

    BalasHapus
  5. min, kalo datanya gaada di folder C gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada run, apakah sudah benar dalam penulisan command %AppData%/Notepad++/backup nya? Semesti nya ada loh, bahkan file yang belum tersimpan sama sekali dalam bentuk data pun bisa ter backup secara otomatis oleh Notepad++. Kebetulan mimin belum pernah mengalami kejadian seperti itu. Maaf ya :)

      Hapus
    2. Makasih yaaaa. Sangat bermanfaat

      Hapus
    3. Iya mas data ku juga gak ada.

      Hapus
    4. Wah, coba dicek pada notepad++ nya. Buka Settings > Preferences > Backup, nah sista bisa cek dimana folder auto-save nya, dan bisa juga dilihat apakah Backup on Save nya none atau tidak. Jika none, bisa dirubah ke simple atau verbose backup :) semoga membantu

      Hapus
  6. thank you gan, semoga rejekinya nambah, artikelnya membantu saat saat genting

    BalasHapus
  7. Kok aku gak bisa yaa mass.. ada cara lain???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, coba dicek pada notepad++ nya. Buka Settings > Preferences > Backup, nah sista bisa cek dimana folder auto-save nya, dan bisa juga dilihat apakah Backup on Save nya none atau tidak. Jika none, bisa dirubah ke simple atau verbose backup :) semoga membantu

      Hapus
  8. makasih banget gan... untuk ada agan, selemet deh nih coding. thank's yaw....

    BalasHapus
  9. baru buat 40 gmail waktu save langsung crash bikin senam jantung wkwkwkw.
    mksh banyak bos udha buat tutor yang bermanfaat, alhamdullilah balik semua datanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drony - Cara Akses Ke Internet Proxy di Android Tanpa Root

Sebenarnya ini adalah cara yang sudah lama, namun saya baru tahu dan butuh cara ini saat mengetahui bahwa koneksi di kampus ITS ternyata menggunakan proxy. Sebenarnya sih kita bisa juga akses internet di jaringan kampus tanpa menggunakan proxy, yaitu dengan cara login via siakad, nah berhubung saya bukan mahasiswa sana, satu satu nya cara ya kembali ke cara lama dengan proxy.

Berhubung kantong mahasiswa yang sering masuk angin karena tidak memiliki uang untuk membeli paket, memutar otak agar tetap bisa mengakses internet jadi solusi. Mungkin untuk pengguna PC atau laptop, proxy bukan menjadi kendala yang besar karena sekarang kebanyakan aplikasi internet untuk PC sudah menyediakan fitur untuk mengeset proxy, namun beda cerita apabila kita menggunakan device smartphone seperti pada OS Android misalnya. Dahulu, kita perlu me root device agar bisa menggunakan aplikasi tunneling proxy seperti ProxyDroid, tapi masalah selanjutnya yang timbul adalah root bukanlah perkara mudah untuk sebagi…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …