Cara Memasang Tema Numix Pada Desktop XFCE

Halo gan sist, di catatan kali ini, saya mau membagikan cara untuk memasang tema Numix pada dekstop berbasis XFCE.

Tidak dapat dipungkiri memang, jika XFCE dikatakan sebagai desktop environment yang memiliki performa yang baik. Kesederhanaan nya pada sisi tampilan berbanding terbalik dengan performa epik yang diberikan. Namun, mungkin bagi sebagian orang, kesederhaan itu bisa di artikan sebagai hal yang membosankan. Jadi, tidak ada salahnya jika kita perlu sedikit memberi kosmetik agar XFCE ini bisa tampil lebih menarik.

Salah satu tema yang paling banyak digunakan adalah Numix. Numix adalah paket tema yang mengusung desain modern dan flat dengan mengkombinasikan warna terang dan gelap. Numix ini dapat dipasang dan support dengan desktop environment seperti Gnome, Unity, XFCE dan Openbox.

Bagaimana Cara Memasang Tema Numix Pada Desktop XFCE?

Pertama, yang dilakukan adalah membuka terminal melalui start app atau menggunakan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T. Apabila sudah, ketik atau copy perintah dibawah untuk menambahkan sumber PPA:
sudo add-apt-repository ppa:numix/ppa


Kedua, Apabila tidak muncul pesan error, yang dilakukan selanjutnya yaitu memperbarui sumber aplikasi dengan perintah
sudo apt update
Setelah itu, instal tema Numix dengan perintah:
sudo apt-get install numix-gtk-theme numix-icon-theme numix-icon-theme-circle


Ketiga, apabila sudah berhasil terinstal, sekarang saatnya untuk menerapkan tema. Untuk merubah tema window menjadi Numix, buka Window Management dan buka tab style:


Keempat, setelah berhasil merubah tema window, sekarang kita beranjak ke aplikasi lain yang terpisah untuk mengganti style warna dan icons menjadi Numix. Buka Appearance, lalu akan muncul tab pertama untuk mengganti style warna. Ubah warna disini menjadi Numix atau Numix Daily.


Pindah ke tab icons untuk merubah ikon yang digunakan menjadi Numix, Numix Circle, atau Numix Light.


Dan yes, akhirnya tampilan XFCE desktop environment yang kita gunakan saat ini menjadi lebih fresh dan modern daripada sebelumnya.


Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar