Cara Instal PulseEffects di Linux

Halo gan sist, pada tulisan kali ini saya mau membagikan sebuah tips yang sering digunakan oleh pengguna Linux  untuk meningkatkan kualitas output suara yang dihasilkan oleh speaker.

Seperti yang kita tahu, beberapa perangkat lunak yang banyak tersedia pada sistem operasi Windows, tidak dikembangkan dalam versi Linux nya. Salah satunya adalah driver / aplikasi codec peningkat kualitas keluaran suara dengan memanfaatkan pengaturan equalizer.

Pada Linux, pengaturan tersebut menggunakan ALSA dan Pulseaudio untuk mengontrol input dan output suara. ALSA adalah mixer untuk suara pada level kernel yang mengelola kartu suara (soundcard) secara langsung. Dan Pulseaudio adalah mixer perangkat lunak yang menyediakan pengaturan lebih lanjut di atas basis ALSA.


Kelebihan dari PulseEffects ini adalah perangkat lunak sumber terbuka untuk mengatur PulseAudio yang mendukung banyak fitur, antara lain:
  • Applications output: Limiter, Auto gain, Expander, Compressor, Multiband compressor, Equalizer, Bass enhancer, Exciter, Crystalizer, Reverberation, Crossfeed, Filter (low-pass, high-pass, band-pass and band-reject modes), Stereo tools, Loudness, Maximizer, Pitch, Gate, Multiband gate, De-esser, Convolver
  • Applications input: Gate, Multiband gate, WebRTC, Limiter, Compressor, Multiband compressor, Equalizer, Reverberation, Pitch, Filter (low-pass, high-pass, band-pass and band-reject modes), De-esse

Bagaimana Cara Instal PulseEffects di Linux?

Pada tutorial ini, saya menggunakan sumber dari Ubuntu PPA untuk menginstal PulseEffects. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka terminal melalui start app atau menggunakan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T. Apabila sudah, ketik atau copy perintah dibawah untuk menambahkan sumber PPA
sudo add-apt-repository ppa:mikhailnov/pulseeffects
Apabila tidak muncul pesan error, yang dilakukan selanjutnya yaitu memperbarui sumber aplikasi dengan perintah
sudo apt update
Setelah itu, instal aplikasi PulseEffects dengan perintah:
sudo apt install pulseaudio pulseeffects --install-recommends

Apabila sudah berhasil terinstal, restart sistem agar aplikasi ini dapat digunakan.

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar