Cara Unzip File Menggunakan FTP Client / Filezilla

Sekarang ini sudah banyak banget penyedia jasa hosting yang menawarkan beragam fitur maupun range harga yang tersedia. Sebagai pengguna, tentu hal tersebut sangat menguntungkan karena akan banyak pilihan yang dapat dipilih, entah karena harganya yang murah, karena cari fitur yang minimalis, maupun mencari yang fitur bandwidth yang beragam. Semua ada sesuai kebutuhan kamu.

Masalahnya, di beberapa hosting, tidak menyediakan fitur cPanel atau sejenisnya dan / tidak menyediakan fitur dan cara untuk mengekstrak file yang telah terkompresi sebelum di upload. Normalnya, hosting seperti itu perlu diakses menggunakan aplikasi FTP untuk melakukan fungsi upload dan download file. Kan ngga lucu kalau kamu harus upload filenya satu satu, apalagi kalau project web mu memiliki file yang banyak, karena selain resiko beberapa file yang tidak terupload cukup besar, tentu akan memakan waktu yang sangat lama.

Untungnya, di Dunia ini masih banyak orang baik yang mau membagikan manfaat untuk orang lain. Jadi ane beberapa waktu yang lalu menemukan sebuah script PHP yang sangat bermanfaat sekali untuk operasi uncompressing / extracting / unzipping files di web hosting. Namanya Unzipper, nemu nya di github punya.

Kenapa bisa dibilang bermanfaat dan mudah? Karena cara penggunaannya cukup simpel, cukup upload ke hosting kalian, lalu panggil file tersebut dengan cara buka alamat domain kalian (misal www.nama-webkamu.com/unzipper.php), lalu pilih apa kebutuhan kalian, misal ucompressing.
Otomatis, file kompresi kalian akan ter-uncompressing di hosting. Simpel kan?

Link downloadnya ada disini gan sis.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar