Seri Sederhana: Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux - Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada bagian pertama, Linux menjadi mudah diterima oleh masyarakat karena sifat dasar nya yang terbuka, sehingga pengembang bebas mengembangkan OS Distro "versi" nya sendiri sehingga banyak sekali saat ini varian distribusi Linux yang menyasar pada segmen - segmen tertentu dan tampilannya yang beragam sehingga saat ini orang awam pun menjadi mudah dalam mengoperasikannya.

Berikut ini beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dari distribusi Linux menurut sudut pandang masyarakat umum dan awam:

Kelebihan / Keunggulan Linux :

  1. Linux bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE)  dan semuanya boleh di utak atik.
  2. Sekarang Linux sudah mudah di operasikan. Bahkan sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna dimana pengguna Linux identik dengan para hacker.
    Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
  3. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  4. Linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum.
  5. Linux mempu berjalan di dua mode.
  6. Linux lebih stabil sehingga jarang crash atau hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.
  7. Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
  8. Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

Kekurangan / Kelemahan Linux:

  1. User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
  2. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux. Jika ingin melihat daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di www.linux-drivers.org atau www.linuxhardware.org/.
  3. Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
  4. Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  5. Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix-like.
  6. Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.
 
Seri Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux:
Bagian 1: Pengenalan
Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)
Bagian 3: Pengertian Remastering
Bagian 4: Proses Remastering (Mengganti Identitas dan Merubah Paket Aplikasi)
Bagian 5: Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux
Bagian 6: Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Posting Komentar

0 Komentar