Seri Sederhana: Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux - Bagian 1: Pengenalan

Sistem Operasi (atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah sebuah sistem kompleks yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen antara hardware dengan software yang berperan sebagai User Interface yang menghubungkan antara manusia dengan bahasa mesin. Dalam bahasa umum, sistem operasi ialah sebuah software dasar yang di letakkan pada media penyimpanan permanen (Non Removabel) dimana software tersebut akan di jalankan pertama kali saat komputer dinyalakan. Sedangkan software pendukung yang di pasang di atas sistem operasi akan di bantu dalam hal semisal akses ke penyimpanan data, manajemen memori, scheduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut.

Seiring berkembang nya teknologi komputasi dan dunia software, maka di ikuti pula dengan peningkatan akan kebutuhan sistem operasi yang handal namun mudah di gunakan. Saat ini, dominasi penggunaan sistem operasi masih di dominasi oleh perusahaan Microsoft dengan produknya Microsoft Windows yang di distribusikan dengan cara komersial. Sehingga muncul lah ide untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang sifatnya terbuka dan di kembangkan secara komunitas yang menjadi awal cikal bakal lahir nya Linux.

Karena sifatnya yang open source maka banyak sekali orang yang mengembangkan sistem operasi ini. Sekarang ini sudah banyak sekali distribusi (distro) Linux yang di kembangkan seperti contoh nya Ubuntu, Mint, dll. Pengembangannya pun dapat di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan pangsa pengguna tertentu, seperti distro untuk pendidikan, multimedia, penetrasi dan uji forensik sistem jaringan komputer, serta masih banyak lagi tema yang bisa di eksplorasi untuk mengembangkan sebuah distro baru.

Seri Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux:
Bagian 1: Pengenalan
Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)
Bagian 3: Pengertian Remastering
Bagian 4: Proses Remastering (Mengganti Identitas dan Merubah Paket Aplikasi)
Bagian 5: Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux
Bagian 6: Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Posting Komentar

0 Komentar