Cara Koneksi PHP Dengan Database MySQL

PHP? Pemberi Harapan Palsu, atau jangan jangan Perawan Hampir Punah? Hahaha, bukan Agan sista. Pada tutorial kali ini, kita akan mempelajari cara mengkoneksikan halaman PHP kita dengan database MySQL. Saat ini, PHP merupakan bahasa yang paling umum di pelajari dan di gunakan untuk membangun sebuah website yang fleksibel dan dinamis dalam pengelolaan konten konten yang ada pada halaman tersebut.

PHP sendiri adalah singkatan dari “PHP Hypertext Preprocessor”, PHP awalnya kependekan dari “Personal Home Page Tools” dan sebagian besar pengembang web membuat konten dinamis yang berinteraksi dengan database melalui PHP.

Lalu bagaimana cara kita membuat sebuah koneksi agar website kita dapat berinteraksi dengan database MySQL?

Yaitu dengan memanfaatkan salah satu fungsi PHP yang bernama "mysql_connect();" . Seperti namanya, fungsi tersebut berguna untuk mengkoneksikan halaman kita ke database MySQL.
<?php
    $host_name = "localhost";
    $user_name = "root";
    $password = "";
    $database = "belajar"; 

    mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
    mysql_select_db($database);
?>
Penjelasan baris 3 - 6 adalah pengaturan dari sebuah variabel untuk mendeskripsikan isi variabel tersebut seperti contoh $host_name yang saya isi dengan localhost karena saya menggunakan database MySQL atau dengan asumsi lain bisa juga di isi menggunakan IP 127.0.0.1, lalu $user_name dengan isi root dan $password saya kosongkan karena ini adalah value dafault dari MySQL, lalu $database untuk memilih nama dari database yang akan kita koneksikan nanti.
mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
Nah, scrip di atas adalah fungsi yang digunakan untuk menghubungkan page dengan database dan umumnya berisi tiga parameter termasuk nama host, username dan password database yang baru saja kita isi sebelumnya pada variabel.

Selanjutnya penjelasan dari baris ke 9. Sekarang saat nya untuk memilih database mana yang akan kita panggil dengan perintah :
mysql_select_db($database);
Bila sudah, bisa kita simpan misal dengan nama koneksi.php

Semoga bermanfaat.

Bab lanjutan Memberi Notice Pada Koneksi PHP dan MySQL

Posting Komentar

0 Komentar