Memberi Notice Pada Koneksi PHP dan MySQL

Sebelumnya kita sudah belajar mengkoneksikan halaman PHP dengan database MySQL di postingan Cara Koneksi PHP Dengan Database MySQL. Sekarang kita tinggal perlu menambahkan fungsi notice / pesan.

Memang gunanya buat apa? Agar kita tahu apa yang terjadi dengan program yang telah kita buat sebelumnya, entah itu dia berhasil terkoneksi dengan database atau tidak, mungkin saja database di temukan atau tidak, dsb.

(Pada tutorial ini, kita membuat sebuah database dengan nama "belajar")

Penggunaannya pun mudah, kita hanya memodifikasi sedikit code yang telah kita buat sebelumnya dengan menambahkan fungsi die dan if. die disini bertujuan untuk memberitahu atau jika kita gagal terkoneksi dengan database.

Modifikasi code nya dari sebelumnya adalah sebagai berikut :
<?php
$host_name = "localhost";
$user_name = "root";
$password = "";
$database = "belajar";

$mysql_connect = mysql_connect("$host_name","$user_name","$password");
if (!$mysql_connect) die ("Gagal Melakukan Koneksi");
$cari_db=mysql_select_db($database);

if ($cari_db) {
    echo "Database  Ada";
}else {
    echo "Database Tidak Ada";
}

?>
*Code yang di Bold / di cetak tebal adalah penambahan dari code yang kita tulis pada postingan sebelumnya.

Sekarang kita jalankan program tadi, apabila variabel yang di masukkan sudah benar (username, password, nama database) maka nanti akan muncul tampilan seperti ini :
Sekarang kita coba gagal koneksi, katakanlah pada kasus ini $host_name kita ganti "localhos" (kurang huruf T). Maka pesan "Gagal Melakukan Koneksi" akan muncul :
Sekarang, apabila variabel nama database kita rubah, dari "belajar" menjadi "sembarang", maka pesan "Database Tidak Ada" akan muncul :
Sekian tutorial ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar