Instalasi Nodejs di Linux

Halo gan sist, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara instal NodeJS di Linux. Tapi sebelum melangkah kesana, saya akan mencoba menjelaskan sedikit dulu tentang apa itu NodeJS.

NodeJS sendiri sih aslinya bukan sebuah bahasa pemrograman baru atau framework javascript. NodeJS bisa dibilang sebagai platform yang dapat digunakan untuk menjalankan program Javascript di luar browser. NodeJS pertama kali dikembangkan oleh Ryan Dahl untuk mengatasi masalah keterbatasan dari Javascript yang pada awalnya hanya bisa berjalan di atas browser.

Bagaimana Cara Instalasi Nodejs di Linux?

Mudah, yang harus pertama kali kita lakukan adalah membuka terminal untuk menjalankan perintah instalasi. Namun, karena saat proses instalasi nanti akan menggunakan program curl, jangan lupa cek dulu apakah OS kalian sudah terpasang atau belum. Jika belum, instal dulu dengan menggunakan perintah:
sudo apt install curl
Jika sudah, sekarang kita bisa melanjutkan untuk menginstal NodeJS. Ketik perintah berikut untuk menginstal NodeJS versi 8:
curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_8.x | sudo -E bash -
sudo apt-get install -y nodejs
Nah, jika sudah selesai silakan cek via terminal apakah sudah terinstal dengan benar atau belum dengan mengetik perintah berikut:
node --version
Jika sudah muncul nomor versi dari NodeJS yang diinstal tadi, berarti proses berjalan dengan sukses. Gimana, mudah kan?

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar