Mengatasi Blade Cache Laravel Tetap Menampilkan File View Lama / Tidak Berubah

Halo gan sist, kali ini saya mau berbagi pengalaman saat membuat website dengan menggunakan framework Laravel nih. Sebenarnya sih ini udah jadi pengalaman yang lama banget saya alami, cuma baru inget untuk menulisnya kemari.

Jadi gini, saat saya dan gan sist mencoba untuk merubah atau menghapus halaman website yang pernah dibuat di folder view (welcome.blade.php) misal, tapi saat kalian refresh halamannya di browser dan hasilnya adalah tampilan tetap tidak berubah. Bahkan, saat file blade view tersebut sudah dihapus sekalipun (entah apa yang merasukimu Laravel).
Mau kamu restart php artisan servenya atau laptopnya ngga bakal pengaruh deh. Ternyata, penanganan masalah tersebut terbilang simpel kok sebenarnya. Permasalahan tersebut rupanya berakar pada sistem cache yang diterapkan pada Laravel.

Ada beberapa gan sist yang pakai cara berikut dan berhasil:
php artisan cache:clear
php artisan config:clear
Tapi, di saya, tidak berhasil. Namun setalah mencari disalah satu website tanya jawab Stackoverflow, ternyata solusinya sangat simpel. Gan sist cukup buka folder:
storage/framework/views
setelah itu, hapus semua file view yang terdapat didalamnya, dan coba refresh halaman browser kalian. Bagaimana, apakah berubah? Semoga berhasil ya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar