Wireless Tidak Terdeteksi Setelah Instal Debian Pada Dell Vostro 5470

Kurang tau kenapa kok minggu ini hawanya lagi bermasalah sama wireless nya laptop setelah mengistal sistem operasi keluarga linux. Setelah sebelumnya bermasalah di Deepin OS Pada HP Notebook 14-BS0014TU, sekarang masalah tersebut muncul di Dell Vostro 5470 setelah saya instal Linux Debian 9.

Saya tidak ingat dan lupa memfoto pesan error yang muncul saat booting (kalau saya tidak salah bunyinya "...error load iwlwifi-7260-17.ucode..bla bla"), tapi untungnya dari situlah diketahui mengapa laptop ini tidak bisa mendeteksi wireless card nya sehingga kita tidak bisa terhubung dengan jaringan internet menggunakan wi - fi. Ternyata betul, saat saya cek di folder /lib/firmware/ ternyata memang ada file yang tidak terpasang disana, yaitu iwlwifi-7260-17.ucode.

Ya sudah, kalau begitu tinggal download saja file tersebut di sini https://github.com/OpenELEC/iwlwifi-firmware/tree/master/firmware, lalu download versi filenya sesuai yang muncul pada pesan error diboot tadi dan copy paste hasil downloadan nya di /lib/firmware/. Setelah itu restart, dan akhirnya muncul juga opsi koneksi dengan wi - fi.
Tersangka pada kasus ini :)
Sekian catatan saya yang singkat ini, karena jujur aja aslinya tiap kali habis instal ulang laptop ini dengan OS Debian pasti tidak bisa mendeteksi wireless card. Dulu pernah nemu solusinya tapi lupa tidak saya catat, padahal pesan error tersebut terpampang jelas pada saat boot

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar