Langsung ke konten utama

Harddisk Penuh Setelah Update Windows 10?

Jujur, ane baru kali ini menyadari dan menemui kasus seperti ini, karena selama ane pakai OS non Windows (iykwim) proses update langsung merewrite file yang lama, sehingga kebutuhan harddisk tidak membengkak secara tiba - tiba. Selain itu, ane emang gak pernah mengupdate Windows nya, sehingga baru kali pertama menemukan kasus seperti ini.

Buat kamu yang memiliki harddisk dengan ukuran sultan, tips ini mungkin kurang bermanfaat buat kalian (atau jangan - jangan kalian tidak menyadarinya, hahaha bercanda), namun bisa lain ceritanya jika kalian baru saja sukses mengupgrade atau update windows namun menemukan fakta bahwa harddisk kentang agan sista menjadi penuh. Mengapa kok hal tersebut bisa terjadi?

Jadi begini, ternyata saat setelah Windows melakukan update / upgrade, sistem akan melakukan backup pada Windows versi sebelumnya yang ditandai dengan munculnya folder baru bernama Windows.old, sehingga nantinya bisa kamu gunakan jika ingin merestore ke system operasi yang sebelumnya. Namun, jika kalian sudah yakin untuk menghapusnya, cara yang dilakukan cukup mudah dan aman.

Cara Menghapus Backup Windows Sebelumnya (Windows.old)

Pertama, buka program Disk Clean - up
Cara membukanya bisa melalui pencarian di Start Menu atau bisa kalian langsung membukanya dengan klik kanan pada partisi sistem, lalu pilih menu Properties
Pilih tombol Disk Clean - up, otomatis program akan memeriksa partisi tersebut. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini.
Disk Clean - up akan menampilkan kategori file apa saja yang bisa dihapus. Tampak pada gambar, Previous Windows Installation(s) menghabiskan memori yang cukup besar, mencapai 15,5 Gb. Bila sudah dicentang, klik tombol OK
Akan muncul peringatan seperti diatas, pilih menu Yes. Tunggu hingga selesai, dan lihat penggunaan partisimu sudah berkurang.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Drony - Cara Akses Ke Internet Proxy di Android Tanpa Root

Sebenarnya ini adalah cara yang sudah lama, namun saya baru tahu dan butuh cara ini saat mengetahui bahwa koneksi di kampus ITS ternyata menggunakan proxy. Sebenarnya sih kita bisa juga akses internet di jaringan kampus tanpa menggunakan proxy, yaitu dengan cara login via siakad, nah berhubung saya bukan mahasiswa sana, satu satu nya cara ya kembali ke cara lama dengan proxy.

Berhubung kantong mahasiswa yang sering masuk angin karena tidak memiliki uang untuk membeli paket, memutar otak agar tetap bisa mengakses internet jadi solusi. Mungkin untuk pengguna PC atau laptop, proxy bukan menjadi kendala yang besar karena sekarang kebanyakan aplikasi internet untuk PC sudah menyediakan fitur untuk mengeset proxy, namun beda cerita apabila kita menggunakan device smartphone seperti pada OS Android misalnya. Dahulu, kita perlu me root device agar bisa menggunakan aplikasi tunneling proxy seperti ProxyDroid, tapi masalah selanjutnya yang timbul adalah root bukanlah perkara mudah untuk sebagi…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …