Mengenal Java: Membuat Tampilan GUI di Java (Part 2)

Ini adalah part ke 2 dari postingan sebelum nya yang berjudul Mengenal Java: Membuat Tampilan GUI di Java.

Jika sebelum nya kita telah mengenal sedikit mengenai GUI serta beberapa contoh komponen serta cara penggunaan nya secara full code, maka pada cara ke dua ini saya akan mengenalkan sedikit mengenai cara membuat aplikasi Java GUI dengan cara drag and drop menggunakan metode jFrame Form. Metode ini adalah alternatif dari cara sebelum nya, karena pada metode ini kita tidak perlu pusing pusing dengan script untuk menata letak, style, dsb. Pokok nya tinggal drag and drop komponen, and what you see is what you get.

Nah pada tulisan ini, saya menggunakan aplikasi NetBeans sebagai media nya, apabila gan sist menggunakan aplikasi lain, semoga saja tidak jauh berbeda dan bisa mengikuti tutorial sederhana ini.

Contoh Penggunaan jFrame Form

Pertama, buka aplikasi NetBeans lalu buat project baru. Bila sudah, klik kanan pada package > New > jFrame Form, lalu isi nama file sesuai kebutuhan Anda


Bila sudah, maka Anda akan menemui tampilan pertama berupa frame kosong. Frame kosong itulah tempat di mana Anda bisa menempatkan komponen GUI secara drag and drop. Walaupun script yang di hasilkan dari hasil generate cukup banyak, tetapi secara waktu tentu kita sangat tertolong sekali dengan ada nya fitur jFrame Form ini.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar