Mengatasi Error Wordpress upload_max_filesize directive in php.ini

Nah, kembali lagi kita akan bahas CMS yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kalian? Yups, kali ini kita akan bahas lagi mengenai error yang muncul pada CMS Wordpress.

Tidak bisa di pungkiri memang, CMS dengan banyak sekali penggunanya ini emang mengusung banyak keunggulan selain juga karena aktif nya komunitas yang mengembangkan CMS ini sehingga selalu update dalam hal security.

Namun saat agan sista saat akan mencoba memasang theme di wordpress, pernahkah kalian menemukan error semacam ini?
The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini
Seperti ini contoh screenshot error nya:

Nah agan sista sudah menerka kan apa maksud error tersebut, yups kita tidak bisa mengupload file yang ukurannya lebih besar daripada yang sudah di tentukan. Berapa sih emang batas ukuran file yang sudah di tentukan tersebut? Nah, pada penjelasan selanjutnya ini agan sista akan tau berapa nilai nya

Gimana cara mengatasi error tersebut?

Untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa mencari file php.ini yang terletak di directory xampp/php/php.ini lalu buka file tersebut dengan text editor yang kalian punya, bisa pakai notepad misalnya. Kalau file php.ini sudah kalian buka, sekarang saat nya mencari baris script berikut:
upload_max_filesize =2M
Kalau sudah ketemu, ganti limit nya yang semula 2M (2 Megabyte, cmiiw) menjadi berapapun yang kalian suka misal di buat 600M. Setelah itu simpan dan coba kalian refresh page upload theme di wordpress dan coba untuk mengupload file yang ukurannya di atas 2 MB.

Lalu Gimana Ya Untuk Mengganti Batas File Upload Tersebut Di Hosting

Untuk kalian yang sudah memasang Wordpress nya di hosting (bukan di localhost), cara menggati limit malah lebih mudah lagi karena kalian tidak perlu mengganti value dengan cara mencari script seperti contoh di atas, yang perlu kalian mulai pertama adalah login dulu ke cPanel. Bila sudah, pilih menu Select PHP Version. Lanjut lagi, cari menu / link Switch to PHP Settings
Sekarang tinggal kalian scroll ke bawah dan cari opsi upload_max_filesize, lalu ganti value nya sesuai kebutuhan kalian.

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar