Langsung ke konten utama

Cara Membuat Favicon Dengan HTML

Yups, ketemu lagi dengan saya si mimin yang cakep dan baik hati, semoga tidak bosan ya dengan materi yang saya berikan.

Pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara nya membuat favicon pada HTML.

Jadi begini nih buat agan sista yang belum tahu, favicon itu adalah sebuah icon atau logo yang muncul padd address bar suatu website dan merupakan logo dari website tersebut, bisa juga di sebut sebagai shortcut icon, Web site icon, URL icon, atau bookmark icon. Nah buat kamu yang sering browsing, coba perhatikan hampir mayoritas website yang kalian kunjungi pasti memiliki favicon. Tujuannya antara lain sebagai pemercantik juga sebagai identitas sebuah website selain logo di halaman website tersebut.

Terus, gimana cara membuat dan memasang nya?

Langkah awal yang harus kita butuhkan adalah siapkan bahan berupa icon / logo website yang akan kalian gunakan untuk membuat favicon. Biasanya untuk membuat favicon, kita perlu siapkan logo yang memiliki bentuk persegi, dimana dimensi panjang x tingginya sama.

Setelah sudah di buat, kita bisa menyimpannya dalam format ico, png, atau jpg. Namun, dalam penggunaannya, jamak di gunakan favicon berformat ico, mungkin di karenakan file ico menggunakan kompresi yang mengubah ukuran dan resolusi file nya menjadi kecil, sehingga lebih ringan di load.

Selanjutnya, bagaimana cara memasangnya di halaman web kita?

Cara nya yaitu dengan menggunakan tag <link> yang kamu sematkan pada HTML di dalam bagian <heading>. Cara menggunakan nya seperti berikut:

Format
link rel="shortcut icon" href="[lokasi dan nama file favicon]"

Misal
link rel="shortcut icon" href="img/favicon.ico"

Atau bisa juga menggunakan format lain seperti yang saya sebutkan di atas
link rel="shortcut icon" href="img/favicon.png"
link rel="shortcut icon" href="img/favicon.jpg"

Sangat mudah bukan? Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …