Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Operator / OEM Android Tanpa Akses Root

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan pengalaman mengenai cara uninstall aplikasi bawaan operator / OEM Android tanpa perlu untuk root. Bagi sebagian orang, mungkin keberadaan aplikasi bawaan atau bloatware yang tertanam di sistem operasi Android tidak diharapkan oleh mereka, apalagi kalau kalian salah satu pengguna hp bekas luar negeri, seperti docomo ataupun softbank, entah karena hanya bikin penuh memori penyimpanan, aplikasinya tidak pernah digunakan, atau pada kasus tertentu aplikasi bawaan tersebut malah mengganggu keberadaannya, misal karena dipenuhi iklan, dll.

Daripada kebanyakan penjelasan, kenapa kita tidak langsung saja ke bagian utamanya?

Jadi, yang pertama kali harus kalian siapkan adalah smartphone yang telah terinstal App Inspector. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah kalian dalam melihat dan mencari nama package (paket) aplikasi yang akan di uninstall.


Jangan lupa, smartphone juga harus sudah tersambung dengan PC dan aktif USB Debugging nya. Setelah itu, siapkan ADB binary untuk menjembatani debug antara PC dengan device Android kalian. Jika kalian pengguna Windows, kalian perlu download dulu ADB setup nya terlebih dahulu disini. Jika kalian pengguna Linux seperti pada tutorial ini, ketik perintah ini di terminal
adb devices


Apakah sudah muncul device kalian disini? Nah, jika ini pertama kalinya kalian menjalankan ADB, kalian akan melihat sebuah pemberitahuan di ponsel yang meminta untuk memberi otorisasi koneksi dengan komputer. Klik OK.


Selanjutnya, ketik perintah berikut untuk dapat masuk ke shell ADB nya, agar kalian bisa menjalankan fungsi perintah ADB lebih lanjut.
adb shell


Jika sudah muncul tipe smartpone kalian, berarti kita sudah berhasil masuk adb shell nya. Selanjutnya, untuk untuk menemukan nama package list yang akan kalian uninstall, ketik perintah berikut ini
pm list packages | grep 'nama.package.aplikasi'
contohnya:


Nah, fungsi aplikasi App Inspector yang telah saya jelaskan diatas tadi berfungsi untuk memudahkan dalam mencari atau mengetahui nama package aplikasi, karena pencarian dapat dilakukan via GUI.

Jika nama package aplikasi yang akan di uninstall sudah ditemukan, jalankan perintah berikut untuk menghapus aplikasi tersebut dari smartphone kalian
pm uninstall -k --user 0 nama.package.aplikasi


Apabila kalian tidak ada kesalahan dalam penulisan perintah di adb shell nya, maka akan muncul pesan Success.

Gimana, gampang kan?

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar