Cara Merubah Package .tar.gz Menjadi .deb

Yups, betul sekali agan sista. Barangkali Kamu sendiri pernah merasakan hal tersebut. Mendownload paket aplikasi, namun hanya tersedia paket yang berformat / berekstensi .tar.gz.

Hmm, mungkin bagi sebagian orang hal tersebut bukan menjadi masalah yang besar, namun bagaimana bila file paket ini akan di share di sebuah kelompok teman atau tugas di mana salah satu atau beberapa dari mereka tidak mengerti sama sekali cara memasang paket .tar.gz secara mudah? Cara yang paling mudah adalah dengan di konversikan kedalam format .deb, format yang paling mudah di gunakan dan simpel bagi hampir semua pengguna Linux. Langsung saja bagaimana step step nya.

Pertama yang harus kita lakukan adalah memasang Alien, buat yang belum mengetahui apa itu alien silakan baca di sini (Wikipedia). Buka Terminal, dan jalankan perintah berikut :
sudo apt-get install alien
Bila sudah, sekarang buka directory tempat file berekstensi .tar.gz berada dengan perintah cd lalu jika sudah, ubah permission paket nya dengan perintah:
chmod -R 777 [nama_paket_aplikasi].tar.gz
Selanjutnya, tinggal kita ubah paket tersebut ke .deb dengan perintah:
alien -d [nama_paket_aplikasi].tar.gz
Tunggu sampai tidak muncul pesan error dan muncul pesan [nama_file_baru].deb generated
Tampak gambar di atas, muncul file baru berektensi .deb. Sekarang kita coba pasang paket .deb tersebut
Tunggu hingga selesai, tidak muncul pesan error?
Yes, berarti konversi dengan Alien berjalan dengan sukses. Dengan begitu, sekarang agan sista bisa membagi bagikan paket tersebut ke orang lain (bahkan buat yang awam sekalipun).

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. sangat bermanfaat mas, mungkin itu cocok banget buat pengguna linux yang masi awam :)

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)