Langsung ke konten utama

Cara Instal Paket Debian Menggunakan dpkg

Awal nya saya mau instal program LibreOffice di Linux di karenakan ada sebuah laporan yang di kirimkan via e - mail yang berformat .ods, sedangkan di distro Deepin yang saya pakai saat ini sudah terinstal WPS Office, hanya saja ia belum support untuk membuka ekstensi file yang sudah di sebutkan di atas. Setelah saya pikir pikir, akhir nya pilihan jatuh kepada LibreOffice.

Setelah di download, newbie bingung, lah kok setelah di ekstrak muncul file ber ekstensi .deb banyak amat? Masa iya saya harus menginstalnya satu persatu? bisa habis waktu saya hanya untuk menginstal satu buah office suite dengan cara manual seperti itu.


Ternyata setelah saya cari refrensi sana sini, akhir nya newbie menemukan cara yang cepat dan simple banget yaitu menggunakan dpkg, sebuah command yang di gunakan untuk menginstal paket software distro Debian.

Cara Instal Paket Aplikasi
Cara menggunakan nya ternyata cukup mudah, yang perlu kita lakukan pertama adalah cd atau change directory ketempat file itu berada.
$ cd/[target-directory]
atau kalau tidak mau repot, masuk ke folder dimana paket .deb tersebut berada, lalu klik kanan dan pilih menu Open in Terminal, lalu ketik command :
$sudo dpkg -i *.deb
cara tadi untuk menginstal banyak file package seperti kasus di atas, atau bila single file package Anda bisa menggunakan command :
$sudo dpkg -i [nama-file].deb

Cara Uninstall Paket Aplikasi
Kalau bisa instal, tentu saja kita bisa uninstall juga dong. Caranya yaitu dengan mengetik command berikut ini : 
$dpkg -r atau --remove atau -p atau --purge [nama paket aplikasi]
*atau nya jangan di tulis ya agan sista :)
contoh :
$dpkg -r [nama-paket-aplikasi]
atau
$dpkg --remove [nama-paket-aplikasi]
atau
$dpkg -p [nama-paket-aplikasi]
atau
$dpkg --purge [nama-paket-aplikasi]
Keterangan :
-r dan --remove menghapus paket aplikasi akan tetapi tidak membersihkan file konfigurasi.
-p dan --purge menghapus seluruh paket aplikasi serta file konfigurasi bawaan (cache, profile, temporary data,etc).

Semoga bermanfaat gan sist.
Sumur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drony - Cara Akses Ke Internet Proxy di Android Tanpa Root

Sebenarnya ini adalah cara yang sudah lama, namun saya baru tahu dan butuh cara ini saat mengetahui bahwa koneksi di kampus ITS ternyata menggunakan proxy. Sebenarnya sih kita bisa juga akses internet di jaringan kampus tanpa menggunakan proxy, yaitu dengan cara login via siakad, nah berhubung saya bukan mahasiswa sana, satu satu nya cara ya kembali ke cara lama dengan proxy.

Berhubung kantong mahasiswa yang sering masuk angin karena tidak memiliki uang untuk membeli paket, memutar otak agar tetap bisa mengakses internet jadi solusi. Mungkin untuk pengguna PC atau laptop, proxy bukan menjadi kendala yang besar karena sekarang kebanyakan aplikasi internet untuk PC sudah menyediakan fitur untuk mengeset proxy, namun beda cerita apabila kita menggunakan device smartphone seperti pada OS Android misalnya. Dahulu, kita perlu me root device agar bisa menggunakan aplikasi tunneling proxy seperti ProxyDroid, tapi masalah selanjutnya yang timbul adalah root bukanlah perkara mudah untuk sebagi…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…