Cara Cepat Membuka Xampp di Linux

Awal pakai Xampp (atau biasa kita kenal sebagai Lampp di Linux), saya merasa wah ini ribet amat sih makai nya. Terbiasa menggunakan Xampp di windows bagaimana waktu itu saya merasakan jauh lebih mudah untuk menjalankan aplikasi nya, cukup start lalu buka xampp lalu buka aplikasi xampp control panel, jalankan engine yang diperlukan, beres. Sedangkan pada Linux, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, pertama saya harus buka terminal dulu, lalu mengetik command
sudo nautilus
bila sudah, saya harus ke drive /opt/lampp/ , lalu membuka aplikasi manager-linux-x64.run dan jalankan engine yang di perlukan satu per satu. Sangat tidak efesien waktu menurut saya, bahkan waktu selama itu cukup di gunakan untuk mengumpulkan 7 bola naga, hehehe.

Setelah kesana kemari mencari alamat palsu di dukun google, akhir nya saya menemukan sebuah cara yang sebenarnya cukup simpel, hanya ketik command
sudo /opt/lampp/lampp start
Hingga muncul pesan:
Starting XAMPP for Linux 5.6.8-0...
XAMPP: Starting Apache...already running.
XAMPP: Starting MySQL...already running.
XAMPP: Starting ProFTPD...already running.
otomatis xampp sudah berjalan semua engine nya tanpa perlu repot seperti sebelum nya. Ternyata mudah sekali ya? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar