Langsung ke konten utama

Distro Linux Tercantik di Tahun 2015

Base flat Tux logo by Shandiin Woodward
Cantik, menarik, enak di "goyang" lagi, siapa sih agan sista yang tidak bakal tertarik? Apalagi buat pengguna yang masih awam dan baru bermigrasi ke Linux, kecantikan memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri selain juga menjadi keharusan agar mereka menjadi betah menggunakannya.

Setelah Linux Mint dan Elementary, serta distro distro lain yang berhasil merebut hati jutaan pengguna (baik itu pengguna baru maupun lama) karena perpaduan antara stabilitas Linux yang semakin baik serta tampilannya yang cantik dan pemilihan warna nya yang soft memang sangat menarik untuk di coba.

Jika di tahun 2011 kita di buat terkejut dan kagum dengan hadirnya Pear OS dari Prancis yang mengusung tema “Linux desktop like a Mac”, lalu di susul di tahun berikutnya Elementary OS yang mampu menutupi  duka sebagian pecinta distro Pear OS yang harus discontinue, dengan berbasis Ubuntu, distro ini enak sekali di gunakan dan juga “look feeling like a Mac” seperti pendahulu nya.

Di bulan November ini, dimana sebentar lagi kita akan menutup tahun 2015, saya akan membagikan beberapa Distro Linux Tercantik yang banyak di perbincangkan di Tahun 2015.

Ozon OS
Apa yang Anda pikirkan bila mendengar Numix Project? Ya, ini adalah sebuah project yang terkenal di karenakan produknya yang berupa GTK theme dan icons yang mampu merubah tampilan distro linux menjadi semakin indah.
sumber softpedia
Dan perkenalkan, sebuah distro hasil pengembangan dari Fedora yang berkolaborasi dengan Numix, menghasilkan sebuah distro yang cantik dan juga elegan : Ozon OS.
sumber softpedia

Trenta OS
Mac OS memang punya wibawa tersendiri sehingga banyak yang ingin mencicipi nya, terbukti dengan munculnya distro distro baru yang tampilannya berkiblat pada Mac OS. Salah satu pendatang baru itu ialah Trenta OS.
Trenta OS adalah sistem operasi yang di kembangkan oleh Rainer Media dan terus berusaha untuk menjadi salah satu distribusi Linux yang baik dan juga memiliki tampilan yang cantik.
Dengan base dari Ubuntu dan menggunakan Gnome shell, distro ini juga sangat menarik untuk Anda coba. Dengan kostumisasi tampilannya yang (mirip) Mac OS, semakin menunjukkan bahwa Trenta OS memang di ciptakan untuk Anda penggemar / calon pengguna Linux, gratis namun dengan interface yang premium.

Evolve OS
Evolve OS adalah sebuah distro yang di kembang kan dari sebuah distro yang sudah ber status discontinue, Solus.
sumber softpedia
Dengan base environment GNOME 3 yang di kostumisasi, membuat tampilan distro ini tampak elegan dan tidak murahan.
sumber the linux rain
Sekilas untuk interface distro ini hampir mirip dengan environment Cinnamon, bukan, ini bukan Cinnamon, melainkan DE kembangan solus yang bernama Budgie yang lebih bisa di bilang mirip Chrome OS.

Haze OS
Haze OS adalah sebuah distro yang di tujukan untuk pengguna dasar yang di kembang kan untuk penggunaan yang mudah, kecepatan yang baik, dan tampilan yang elegan.
sumber haze website
Distro acha acha nehi nehi ini di kembangkan dari base distro Debian, di kimpoi kan dengan dekstop environment Cinnamon membuatnya tampak cantik namun sederhana.
sumber haze website
Elementary OS
sumber elementary website
Elementary OS, aha ini dia salah satu distro "cantik" yang mulai terkenal setelah tumbangnya ikon distro cantik sebelumnya, Pear OS. Bermula dari sebuah tema yang bernama Patheon, di karenakan tampilannya yang "katanya" mirip Mac OS (padahal tidak mirip mirip banget sih menurut saya) akhirnya berkembang pesat lah menjadi sebuah distro yang menggebrak jagat per - Linux - an. Dengan base Ubuntu dan desktop environment Pantheon membuat distro ini banyak digemari karena ke stabilan dan tampilannya yang menarik.

Deepin OS
Bila kita menyodorkan kata "produk China", mungkin sebagian orang akan berfikir tentang produk KW, tidak awet, mudah rusak, dll. Lupakanlah sejenak tentang stigma negatif tersebut dengan distro yang satu ini.
sumber omgubuntu
Yap, namanya Deepin OS. Deepin adalah sebuah distro Linux yang menggunakan base dari distribusi Ubuntu. Dengan popularitas yang baik di situs DistroWatch, bisa di bilang pendatang baru ini memang tidak main main dalam kehadirannya di jagat Open Source.
sumber sofpedia
Selain tampilannya yang premium, ada pula keunikan yang di usung oleh Deepin OS, yaitu menggunakan DDE atau Deepin Desktop Environment yang menggunakan base HTML 5 technologies. Dengan aplikasi home and multimedia pre - install yang lengkap, distro ini cocok sebagai alternatif pengganti windows untuk penggunaan home personal.

Bagaimana, Anda sudah memiliki pilihan distro mana yang akan di coba dan di gunakan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …