Scrcpy: Bagimana Cara Mirror dan Mengontrol Smartphone Android Menggunakan Linux

Halo gan sist, ketemu lagi sama saya di blog ini. Kali ini saya ingin membagikan sebuah tutorial sederhana tentang bagimana cara mirror dan mengontrol smartphone Android menggunakan Linux dan Scrcpy.

Buat sebagian dari kalian mungkin pernah kepikiran, bisa tidak ya kita melakukan mirror screen Android ke PC? Atau mungkin, kalian juga membutuhkan mirror screen karena ingin mempresentasikan aplikasi Android yang telah kalian kembangkan dengan mudah lewat PC.

Scrcpy: Cara Mudah Mengontrol Android Screen via PC

Yup, Scrcpy! Scrcpy (atau potongan kata dari Screen Copy), merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Genymotion, sebuah perusahaan yang terkenal dalam mengembangkan aplikasi emulator Android. Asiknya, dengan menggunakan Scrcpy, kita bisa berinteraksi dengan smartphone dari desktop menggunakan keyboard dan mouse biasa. Selain itu, aplikasi ini juga berguna bagi pengembang aplikasi Android yang ingin menguji, men-debug ataupun mempresentasikan aplikasi yang telah mereka kembangkan dengan mudah.

Aplikasi ini bukan emulator, melainkan memanfaatkan kabel USB untuk menghubungkannya dengan smartphone untuk menampilkan dan kontrol perangkat Android yang terhubung pada fungsi USB debug. Menariknya lagi, aplikasi ini tidak membutuhkan akses root.

Untuk menjalankan Scrcpy, paling tidak kalian harus sudah memiliki smartphone yang minimal menggunakan Android 5.0, dan jangan lupa untuk mengaktifkan developer options > USB debugging.

Instal Scrcpy di Linux

Untuk melakukan instalasi nya cukup mudah, pertama kalian cukup membuka terminal, dan ketikan perintah berikut ini
sudo snap install scrcpy
Jika sudah terinstal dengan benar, sekarang hubungkanPC dengan smartphone yang USB Debug nya telah aktif. Lalu, ketik perintah berikut untuk menjalankan Scrcpy
scrcpy

Gimana, gampang kan?

Mungkin cukup sekian dulu tutorial singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar