Cara Membuat Redirect / Pengalihan Halaman Dengan PHP

Halo gan sist, kali ini saya mau membagikan sebuah trik sederhana untuk membuat suatu pengalihan atau redirect menuju halaman lain yang dituju menggunakan PHP. Jadi, secara sederhana, fungsi redirect merupakan suatu fitur yang salah satunya juga disediakan oleh PHP untuk melakukan perpindahan menuju halaman lain secara otomatis tanpa pengguna melakukan klik pada sebuah hyperlink.

Fungsi ini sangat fleksibel dalam hal penggunaannya, sehingga bisa langsung dieksekusi oleh program atau dapat diolah terlebih dulu melalui fungsi logika (IF ELSE, dll). Redirection pada PHP dapat menggunakan fungsi header() yang langsung dapat digunakan oleh pengguna. Untuk membuatnya dapat mudah diakses, pada tutorial kali ini kita perlu membuat sebuah file terlebih dahulu bernama index.php yang disimpan pada folder atau direktori yang akan diakses di browser. Setelah itu, ketik perintah berikut pada file yang telah dibuat sebelumnya:
<?php header("Location: http://www.redirect-to.url.com/"); ?>
Contoh:
<?php header("Location: https://jaluprasetyamulya.blogspot.com/"); ?>
Selain menggunakan alamat website, fungsi redirect juga dapat digunakan untuk berpindah ke halaman lainnya, dengan memanggil nama file lain yang akan dituju, contohnya adalah sebagai berikut:
<?php header("Location: folderLain/namaFile.php"); ?>

Mungkin cukup sekian dulu tutorial super singkat ini saya buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

Posting Komentar

0 Komentar