Langsung ke konten utama

Resize Dan Rotate Banyak Gambar Sekaligus Dengan Nautilus Image Converter

Pernahkah Anda membutuhkan untuk menyisipkan gambar pada sebuah dokumen misalkan. Mungkin bila dokumen atau sebuah website yang membutuhkan kita untuk menambahkan file foto dalam jumlah sedikit dan ukuran file tersebut tidak di batasi, tidak akan menjadi masalah.

Namun bagaimana bila ukuran file tersebut di batasi, sedangkan kita harus menyisipkan banyak sekali gambar? Yups, cara yang bisa kita tempuh yaitu dengan jalan me re-size gambar tersebut. Tapi pada case  di atas sudah di sebutkan bila file tersebut jumlah nya banyak, apakah mungkin kita me re-size nya satu per satu? Salah satu cara cepat dan mudah yaitu dengan bantuan aplikasi ekstensi yang bernama Nautilus Image Converter.

Seberapa mudah memang? Kok sampai di sarankan menggunakan ekstensi ini di sistem operasi Linux kita?
Cukup pilih gambar yang akan kita re-size, lalu masukkan parameter yang akan kita isi yaitu mengenai ukuran yang akan kita hasilkan. Opsi pada aplikasi ini lumayan lengkap, bisa dengan template size yang sudah di sediakan, bisa juga dengan scale, ataupun dengan ukuran custom yang bisa kita sesuaikan sendiri panjang dan lebar nya. Bila sudah, tinggal tekan tombol resize.

Untuk cara instal nya, cukup buka Terminal dan jalankan perintah berikut :
sudo apt-get install nautilus-image-converter imagemagick
Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Here's another utility: imgp (https://github.com/jarun/imgp) with many more features (adaptive mode, recursive operations, multiprocessing ...).

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Validasi Mencocokkan Form Password Dengan Javascript

Seringkali kita dalam membuat sebuah program website membutuhkan sebuah inputan kedalam database yang berfungsi untuk di tampilkan (misal di website dinamis) maupun untuk fungsi validasi (misal login pada sebuah halaman website).

Salah satu contoh inputan yang penting dalam fungsi sebuah website dinamis adalah password. Nah, pada suatu kasus saat kita akan mengganti sebuah informasi kita pada website tersebut kita di minta untuk memasukkan password kita kembali untuk memvalidasi apakah yang mengganti informasi ini adalah asli Anda sendiri ataukah ada orang lain yang sengaja ingin mengganti informasi pribadi Anda (dalam konteks negatif, semisal akun Anda di hack).

Ada kalanya saat kita di minta memasukkan password tadi, kita disuruh mengulang untuk menulis lagi password yang sudah kita tulis sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah sudah benar atau belum. Misal password kita 123456, maka di form konfirmasi password juga di isi 123456 untuk menunjukkan bila password kita sudah benar, bil…

Restore Script Yang Hilang Saat Notepad++ Stop Working

Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi menga…

Mengukur Jarak Antar Pelabuhan Menggunakan Netpas

Halo agan sista, kali ini saya akan membagikan dan mengulas sebuah software yang sangat membantu sekali buat mahasiswa yang berkaitan dengan kelautan dan transportasi laut atau agan sista yang bekerja di bidang pelaut seperti Mualim 2 / Second officer / Second mate.

Aplikasi ini bernama Netpas Distance, sebuah software yang menurut mimin keren dan lengkap sekali fitur nya yang sangat membantu pekerjaan di bidang pelayaran, makanya sebenarnya aplikasi ini di fokus kan untuk perusahaan pelayaran.

Beberapa fitur yang di sediakan memang sangat mumpuni, antara lain :

ETAAnti PiracyPorts and Distance DatabaseCoordinates to coordinates distanceWeather ServiceSea IceRouting Point (RP)(S)ECA distanceSimple estimationVessel managerVisual route on e-world map Cara Menggunakan Netpas Pertama, download aplikasi Netpas dulu disini. Setelah itu, instal pada PC agan sista masing masing sesuai instruksi sampai selesai.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus mendaftar dulu di website nya untuk …