Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2016

Cara Instal Synaptic Package Manager

Kemarin kita sudah membahas masalah setting proxy untuk Terminal, nah satu masalah sudah terselesaikan, sekarang newbie menemukan masalah baru lagi yaitu store app bawaan deepin tidak mendukung setting koneksi via proxy, jadi selama kita masih terhubung di jaringan yang menggunakan proxy, deepin store tak akan bisa tersambung dengan internet. Wah, berarti sudah saat nya cari alternatif dong. Nah, salah satu alternatif yang paling populer adalah Synaptic Package Manager. Apa sih itu?

Synaptic Package Manager adalah sebuah alat manajemen paket grafis berdasarkan GTK + dan APT . Synaptic menyediakan fitur yang sama dengan apt - get command line utility . Synaptic memungkinkan Anda untuk menginstal , upgrade dan menghapus paket perangkat lunak dengan cara yang sangat mudah.

Untuk memasang nya, cukup buka terminal lalu ketik command :
sudo apt-get install synaptic bila tidak muncul pesan error, berarti Synaptic sudah berhasil terpasang di system agan sista.

Semoga bermanfaat.

Setting Proxy Untuk Terminal di Linux

Suatu hari, newbie menemukan salah satu sumber kehidupan manusia modern, akses wifi dengan  kecepatan tinggi baaangets (maaf kalau lebay, saya orang desa agan sista). Wah, kebetulan nih sistem distro linux saya sudah muncul notifikasi untuk minta di perbarui.

Ternyata, wifi nya mengharuskan pengguna nya untuk menggunakan proxy. Akhir nya, saya coba koneksi kan, dan setting proxy di control center -> network, lalu saya isikan proxy beserta port nya, lalu saya klik tombol "apply system wide" dengan harapan saya bisa ter aplikasi kan ke semua program yang menggunakan akses internet. Setelah itu, saya coba buka program Terminal untuk meng - sudo apt-get update - kan daftar package dari repository yang terdaftar di /etc/apt/source.list. Ternyata tidak bisa connect ke jaringan.

Setelah ber guru sana sini di situ (baca : google), akhir nya newbie menemukan cara yang simple banget, cukup buka folder /etc/apt/ lalu buat file apt.conf, setelah itu isi dengan script:
Acquire::http:…

Cara Instal Paket Debian Menggunakan dpkg

Awal nya saya mau instal program LibreOffice di Linux di karenakan ada sebuah laporan yang di kirimkan via e - mail yang berformat .ods, sedangkan di distro Deepin yang saya pakai saat ini sudah terinstal WPS Office, hanya saja ia belum support untuk membuka ekstensi file yang sudah di sebutkan di atas. Setelah saya pikir pikir, akhir nya pilihan jatuh kepada LibreOffice.

Setelah di download, newbie bingung, lah kok setelah di ekstrak muncul file ber ekstensi .deb banyak amat? Masa iya saya harus menginstalnya satu persatu? bisa habis waktu saya hanya untuk menginstal satu buah office suite dengan cara manual seperti itu.


Ternyata setelah saya cari refrensi sana sini, akhir nya newbie menemukan cara yang cepat dan simple banget yaitu menggunakan dpkg, sebuah command yang di gunakan untuk menginstal paket software distro Debian.

Cara Instal Paket Aplikasi
Cara menggunakan nya ternyata cukup mudah, yang perlu kita lakukan pertama adalah cd atau change directory ketempat file itu berada.